Berita
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 19 Agu 2017 - 09:55:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Hubungan SBY-Megawati Jauh di Mata Dekat di Hati

40sby-1.jpg
SBY-Megawati (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pertemuan para Presiden RI terdahulu saat upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 di Istana Merdeka kemarin, dinilai positif oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.

"Sebenarnya kemarin itu kan hanya sebagai salah satu momentum bahwa kerukunan itu sangat penting untuk menjaga, dan dibuktikan oleh pemimpin bangsa yang masih punya pengaruh di Republik ini," ucap Puan di kompleks Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/8).

Kemarin, Presiden RI ketiga BJ Habibie, Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri, dan Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sama-sama hadir di Istana Merdeka.

Momen itu begitu berkesan di mata publik, karena SBY akhirnya merayakan HUT RI ke Istana sejak kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Terlebih lagi antara SBY dengan Megawati sudah lama tidak berada dalam forum yang sama sejak 2013 lalu.

Nah, kemarin, keduanya bertemu dan bersalaman. Momen itu disambut riuh tepuk tangan tamu undangan.

"Bahwa itu (bertemu-red) tidak perlu sering-sering, tapi alhamdulillah kalau sering ditampilkan. Namun, saya berharap kalau tidak bisa selalu bersama, ya harus jauh di mata dekat di hati," lanjut Puan yang juga putri Megawati.

Maksudnya jauh di mata dekat di hati? Puan menjawab diplomatis.

"Dalam demokrasi politik ini kan bisa saja ada yang mengatakan bersama pemerintah atau tidak. Namun kami harapkan apa pun yang menjadi instrospeksi atau evaluasi itu adalah hal-hal yang berkaitan untuk kesejahteraan rakyat. Jadi bukan personal," ujar dia.

Puan menambahkan, dalam pertemuan di Istana Merdeka, suasananya santai dan cair.

Apalagi bertepatan dengan momentum ulang tahun kemerdekaan. Pembicaraan mereka pun tifak ada yang berat-berat.

"Suasana kekeluargaan, kerukunan, keberagaman, dan menciptakan suasana kondusif, 72 tahun Indonesia merdeka ini, Indonesia bisa memberikan warna," pungkas cucu Bung Karno ini. (aim/jpnn)

tag: #megawati-soekarnoputri  #susilo-bambang-yudhoyono-sby  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...