Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 28 Agu 2017 - 07:20:41 WIB
Bagikan Berita ini :

Hari Ini, Ribuan Petani Tebu Gelar Protes di Istana Negara

27petani.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Sebanyak empat ribu petani tebu akan mendatangi Istana Negara, Senin (28/8). Mereka menuntut tindakan pemerintah yang seolah tidak berpihak pada para petani tebu.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Andalan Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Sumitro Samadikun, Minggu (27/8/2017). Saat ini gula petani tidak terserap maksimal karena disebut berada di bawah Standar Nasional Indonesia (SNI).

"Kami juga ingin bertemu dengan Menteri Perdagangan dan Menteri BUMN," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan melakukan penyegelan terhadap gula petani dengan alasan tidak layak dijual. Padahal, kata dia, petani mengirimkan tebu nya ke pabrik yang kebanyakan adalah milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk digiling.

Petani juga memberikan 34 persen ke pabrik sebagai upah giling. Sementara, kualitas gula yang dihasilkan banyak dipengaruhi dari proses pengolahan pada pabrik tersebut.

Sumitro menegaskan, selain melakukan penyegelan dan merugikan rakyat harus ditelusuri lebih jauh apakah gula tidak sesuai SNI tersebut adalah gula dari tebu para petania atau raw sugar yang merupakan impor.

"Kalau tebu berarti petani yang dirugikan, kalau raw sugar berarti mengolahnya nggak benar," ujar dia. (Ant/icl)

tag: #harga-pangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...