Ragam
Oleh Bani Saksono pada hari Kamis, 31 Agu 2017 - 01:12:23 WIB
Bagikan Berita ini :

Cross Culture Training Indonesia Adakan Pertukaran Budaya RI-Jepang

98CCTI-EMAN.jpg
CCTI menyelenggarakan program pertukaran budaya Indonesia dan Jepang. (Sumber foto : DOK)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Cross Culture Training Indonesia (CCTI) bekerja sama dengan Hyppo Family Group Jepang mengadakan pertukaran Budaya Indonesia -Jepang. Program tahunan ini sudah berjalan sejak tahun 1991 dan sudah diikuti ratusan warga Jepang dan ratusan warga Indonesia.

Dalam setahun program ini berlangsung dua kali. Pada 25 hingga 30 Agustus dan 28 Desember hingga 2 Januari setiap tahunnya. Puluhan Warga negara Jepang yang dikordinir oleh Hyppo Family berkunjung ke Indonesia. Sementara warga Indonesia yang menjadi peserta pertukaran kebudayaan dikoordinir oleh CCTI, berkunjung dan belajar ke berbagai kota di Jepang selama 5-10 Hari.

Wakil Direktur Eksekutif Cross Culture Training Instutute Indonesia Eman Sulaeman Nasim menjelaskan dalam program ini, warga negara Jepang yang mengikuti peserta pertukaran budaya tinggal selama 3 hari di rumah warga Indonesia yang secara sukarela bersedia menjadi host family atau bersedia rumahnya diinapi secara cuma cuma.

Di rumah penduduk Indonesia tersebut warga Jepang yang menjadi peserta pertukaran budaya belajar banyak hal tentang budaya dan kebiasaan warga Indonesia. Sedangkan warga Indonesia yang menjadi host famili dapat belajar dari kebiasaan orang jepang mulai dari soal kebersihan, tutur kata dan kedisiplinan serta budayanya. Selama tinggal di rumah penduduk, warga negara Jepang juga berkeliling Jakarta atau kota-kota dimana Host Family berada. engunjungi berbagai objek wisata termasuk belanja oleh oleh untuk dibawa ke negaranya.

Lebih lanjut dosen Jurusan Pariwisata Program Vokasi Universitas Indonesia (UI) dan Institut STIAMI ini menjelaskan, pada bulan Agustus ini, warga Jepang yang ikut program pertukaran budaya tinggal di rumah warga Indonesia di Jakarta,Bekasi, Tangerang, Subang dan Bandung. Setelah itu baik warga negara jepang maupun warga Indonesia yang menjadi host family berkumpul bersama sama diskusi berbagai hal dan berwisata alam di kawasan Ciawi Bogor

"Selama ini warga negara Jepang yang ikut peserta dan tinggal di rumah keluarga Indonesia, banyak belajar cara memasak dan menikmati masakan tradisional Indonesia dan berbagai budaya dan kebudayaan Indonesia.Selain itu juga mengunjungi obyek-obyek wisata dan sejarah nasional seperti museum Fatahillah dan Kebun Raya Bogor" jelas Eman di sela sela acara pendampingan peserta pertukaran budaya dari Jepang di Lembur Pancawati Ciawi Bogor Jawa Barat [29/8/2017].

Di tempat yang sama,salah seorang peserta pertukaran budaya Indonesia -Jepang asal Tokyo, Mieko Iida (67) mengaku sangat bahagia dengan mengikuti kegiatan tersebut. Selain menambah saudara juga belajar banyak tentang kebudayaan Indonesia secara langsung dari masyarajat Indonesia.

"Saya juga bahagia bisa belajar langsung cara memasaj masakan tradisional Indonesia. Saya menikmati masakan-masakan Indonesia,"ujar Mieko Iida San, warga Jepang yang tinggal di sekitar Tokyo.

Direktur Eksekutif sekaligus pendiri Cross Culture Institut Indonesia Ali Syarif menambahkan, warga Indonesia yang ikut peserta Pertukaran Budaya Jepang, selain disambut hangat oleh host Family di Jepang juga dapat belajar banyak tentang kebudayaan dan berbagai hal baik yang ada dari budaya dan sosial Jepang. Orang-orang Jepang memiliki disiplin dan mental serta karakter yang sangat baik yang perlu ditiru orang Indonesia untuk kemajuan negara Indonesia.kita lihat sendiri bagaimana budaya disiplin warga Jepang sangat luar biasa. Ini bisa dipelajari dan ditiru. Dan warga Indonesia yang menjadi peserta pertukaran kebudayaan, dapat memahami dan mempelajari mengapa orang-orang Jepang bisa memiliki kedisiplinan dan mental serta budi pekerti yang sangat baik.

"Orang -orang Indonesia yang mengikuti pertukaran budaya Indonesia -Jepang, biasanya berangkat pada bulan Februari atau Maret setiap tahunnya sehingga masih bisa menyaksikan mekarnya bunga-bunga Sakura di Jepang," papar Ali Syarif. [b]

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...