Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 03 Sep 2017 - 09:10:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Pimpinan Komisi II Setuju Pemerintah Usir Dubes Myanmar

11lukman-edy-ts.jpg
Lukman Edy (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Komisi II DPR Lukman Edy setuju dengan usulan agar pemerintah RI mengusir Dubes Myanmar.

Namun, kata Lukman, langkah itu bisa dilakukan setelah pemerintah memanggil pulang Dubes Indonesia untuk Myanmar, sekaligus meminta penjelasan situasi sebenarnya yang terjadi di negara tersebut.

"Kemudian dilanjutkan dengan mengusir pulang Dubes Myanmar untuk Indonesia. Ini sebagai langkah diplomatis awal sebelum berinisiasi melakukan langkah-langkah responsif yang lain," tuturnya saat dikonfirmasi awak media, Minggu (3/9/2017).

Politisi PKB ini membeberkan, jika Myanmar tetap tidak mengindahkan kecaman dari semua pihak, maka Indonesia bisa mengusulkan agar Myanmar dikeluarkan dari keanggotaan ASEAN, sekaligus menerapkan sanksi politik, ekonomi, bahkan operasi militer sekalipun.

"Pemerintah bisa menggalang persiapan kekuatan militer bersama dengan negara-negara ASEAN lainnya, untuk dikerahkan sebagai pasukan penjaga perdamaian," ungkapnya.

Selain itu, terang Lukman, DPR RI segera melakukan pembahasan masalah ini, diawali dengan memanggil dubes Indonesia untuk Myanmar, dengar pendapat dengan ormas Islam, dan pihak BIN untuk mendapat gambaran secara jelas tentang tragedi Rohingya ini.

"Nantinya, berdasarkan fakta-fakta tersebut DPR segera mengeluarkan sikap dan memaksa pemerintah untuk melakukan langkah-langkah strategis dan responsif," tutupnya.(yn)

tag: #rohingya  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...