Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 05 Sep 2017 - 05:59:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Muhammadiyah Malaysia Salurkan Daging Kurban ke Muslim Rohingya

14muhammadiyah.jpg
Muhammadiyah (Sumber foto : istimewa)

MALAYSIA (TEROPONGSENAYAN) - Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Malaysia menyalurkan 30 bungkus daging kurban dari Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Malaysia ke anak-anak Rohingya di Kuala Lumpur.

"30 bungkus daging qurban PCIM diserahkan langsung kepada tujuh ustadz Rohingya yang mengajar serta menjaga rumah tahfiz anak-anak Rohingya yang berjumlah 105 orang," kata Direktur MDMC Malaysia, Zulfan Haidar di Kuala Lumpur, Senin (4/9/2017).

Zulfan mengatakan, rumah tahfiz ini dimiliki oleh perseorangan. Saat ini sudah ada donatur tetap dan sudah bisa menyewa rumah satu lagi di depan yang sekarang.

"Lokasi di Selayang di belakang Pasar Borong. Kebetulan mahasiswa IIUM (International Islamic University Malaysia) juga sering membuat acara di sana. Malah mereka bikin toilet dan tempat cuci pakaian serta tempat wudhu," katanya.

Dia mengatakan, International Islamic School Malaysia (IISM) Secondary, sekolah dibawah IIUM juga mengirimkan 40 bungkus daging kurban pada hari pertama.

"Sekolah ini bersama dengan mahasiswa IIUM membina dan menyantuni anak-anak Rohingya yang tekun menghafal Alquran," katanya.

Zulfan juga mengatakan, kedepannya MDMC Malaysia siap membantu siapa saja yang ingin berkontribusi meringankan beban komunitas pelarian Rohingya di Malaysia. Ketua PCIM Malaysia, Dr Sonny Zulhuda mengatakan, pihaknya bersama MDMC Malaysia memiliki misi amar ma'ruf nahi munkar dalam konteks keummatan, yaitu terkait nasib umat Islam di berbagai belahan dunia.

"PCIM menjalankan sikap PP Muhammadiyah yang tegas membela nasib umat Islam Rohingya yang tertekan di Myanmar sehingga terpaksa melarikan diri ke negara-negara lain, termasuk Malaysia," kata dosen di Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia tersebut.

Dalam konteks Malaysia, kata dia, PCIM Malaysia ingin membangun hubungan dengan komunitas pelarian Rohingya agar dapat membantu menyambung mata rantai informasi dan aksi lebih lanjut. (Ant/icl)

tag: #etnis-rohingya  #muhammadiyah  #rohingya  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...