Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 07 Sep 2017 - 19:39:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Walau tak Capai Target, Menkeu Optimis Pertumbuhan Ekonomi 5,17 Persen

57smilagiyes.jpg
Sri Mulyani Indrawati (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan proyeksi optimistis untuk pertumbuhan ekonomi pada 2017 adalah sebesar 5,17 persen atau sedikit di bawah asumsi dalam APBNP yang ditetapkan 5,2 persen.

"Kemungkinan optimistis sampai keseluruhan akhir tahun bisa mendekati 5,17 persen," kata Sri Mulyani saat mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Sri Mulyani mengatakan proyeksi itu bisa terwujud dengan catatan kinerja investasi, yang pada semester I-2017 hanya tumbuh 5,1 persen, tumbuh hingga 5,4 persen pada semester II-2017.

"Prognosa paling optimistis, investasi harus 5,4 persen (di semester dua), sehingga untuk keseluruhan tahun, investasi tumbuh 5,2 persen," katanya.

Namun, upaya untuk meningkatkan kinerja investasi tersebut bisa menghadapi kendala berupa pertumbuhan kredit perbankan yang masih mengalami kelesuan hingga pertengahan 2017.

"Pertumbuhan kredit perbankan masih perlu hati-hati karena bank banyak melakukan konsolidasi kepada performa kredit yang mengalami tekanan karena harga komoditas yang menurun," kata Sri Mulyani.

Bank Indonesia bahkan telah menurunkan proyeksi pertumbuhan kredit pada 2017, dari sebelumnya 10-12 persen, menjadi 8-10 persen pada akhir tahun.

Selain dari investasi, tambah Sri Mulyani, pemerintah juga berupaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkan peran konsumsi rumah tangga maupun ekspor.

"Kita mengharapkan daya beli masyarakat tidak tergerus dan terjaga stabil, didukung akselerasi program pemerintah, untuk mendorong konsumsi tumbuh lima persen," ujarnya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi pada semester I-2017 telah mencapai 5,01 persen yang didukung oleh membaiknya ekspor dan investasi. (Ant/icl)

tag: #kementerian-keuangan  #sri-mulyani  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...