Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 10 Sep 2017 - 06:03:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Pilgub Jabar, RK Galang Dana Secara Online

14RidwanKamil6.jpg
Bakal calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Sumber foto : ist)


MAJALENGKA (TEROPONGSENAYAN)--Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK), mengungkapkan bahwa pihaknya akan menggalang secara online dana kampanye untuk keikutsertaannya dalam Pilkada Jabar 2018.

"Salah satu gagasan adalah penggalangan dana namanya crowdfunding ya. Kalau crowdfunding ini pembiayaan dari warga," kata Emil di Majalengka, Sabtu (9/9/2017).

"Ini pola baru, tapi warga jika ingin hidupnya selama lima tahun baik titipkanlah cita-citanya kepada salah satu calon kandidat," lanjutnya.

Emil mengatakan mengingat besarnya biaya kampanye pilkda, untuk itu pihaknya berinisiatif melakukan penggalangan dana crowdfunding kampanye pilkada secara daring.

Penggalangan dana ini akan dilakukan secara transparan dan bisa dipantau secara daring, serta penggalangan dana ini akan dikelola oleh lembaga resmi.

"Contoh di Jawa Barat ada tujuh puluhan ribu TPS kalau satu TPS dua saksi, berarti sudah 140.000 kali 100.000 sudah 14 miliar kan kira-kira hanya buat saksi, belum yang lainnya," tuturnya.

Dia menambahkan dengan adanya biaya yang tinggi itu, maka pihaknya membuat menggalang dana melalui daring, agar tidak terjerat kasus hukum, ketika harus mendanai Pilkada dengan hasil yang tidak baik.

"Saya sudah merenungi salah satu komponen paling mengkhawatirkan adalah masalah penggalangan dana kampanye, karena tidak ada sebuah mekanisme yang baik dan terukur," tuturnya.

"Dengan mahalnya dana kampanye,akhirnya banyak para kepala daerah yang ingin memainkan APBD di akhir masa jabatan dan ini menyebabkan sebanyak 12 kepala dearah yang kena OTT," tegasnya. (plt/ant)

tag: #pilkada-jabar-2018  #ridwan-kamil  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ketua Umum IMI Bamsoet Dukung Gelaran Pecah VW 2024 Dapatkan Rekor MURI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mematangkan persiapan acara pemecahan Rekor MURI, ...
Berita

SOKSI Optimis MK Tak Lampaui Wewenangnya: Prabowo-Gibran Presiden dan Wapres Terpilih

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menjelang putusan MK tentang sengketa Pilpres 2024 pada 22 April 2024 mendatang, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga menyatakan optimis amar ...