Ragam
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 10 Sep 2017 - 06:15:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Menpar Dorong Pengelolaan Desa Wisata Secara Besar-besaran

38menparariefyahya.jpg
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya (Sumber foto : ist)


BANYUWANGI (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Pariwisata RI Arief Yahya mendorong pengelolaan jasa akomodasi di desa wisata Indonesia untuk dikelola secara besar-besaran. Pengelolaan jasa akomodasi homestay secara kecil-kecilan akan menjadi kendala pengembangan potensi wisata guna menggenjot perekonomian masyarakat setempat.

"Yang saya khawatirkan adalah pengelolaan di sini yang masih kecil-kecil dalam bentuk UKM dan koperasi. Padahal pesaing kita adalah pesaing global yang sudah menggunakan cara-cara korporasi dalam berbisnis," jelas Menpar usai memberikan pidato kunci dalam acara Peningkatan Kapasitas Usaha Masyarakat Destinasi Pariwisata (Homestay) di desa wisata adat Osing Kemiren di Banyuwangi, Sabtu (9/9/2017).

Ia pun mencontohkan soal pemesanan akomodasi, dimana hingga kini fasilitas homestay di Desa Kemiren masih bergantung dengan pemesanan secara langsung. Padahal 70 persen dari pelanggan jasa akomodasi, terutama yang datang dari generasi muda, sudah mulai banyak menggunakan jasa booking secara daring.

"Oleh karena itu, nanti ke depannya, homestay yang ada di Desa Kemiren pun akan dipasarkan secara daring agar dapat mendapat perhatian dan dibeli oleh seluruh anak muda. Bukan hanya Banyuwangi tapi juga dari Jakarta, karena sekarang sudah ada direct flight dari Jakarta ke Banyuwangi," jelas Arief.

Ia mengatakan bahwa Kementerian Pariwisata (Kemenpar) telah menetapkan Desa Kemiren di Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur sebagai salah satu dari 10 desa wisata prioritas. (plt/ant)

tag: #kementerian-pariwisata  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...