Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Senin, 11 Sep 2017 - 19:48:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Kematian Bayi Debora, Buat Komisi IX Cecar Menkes

51menkes.jpg
Nila F Moeloek (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kematian bayi Debora yang memiliki kelainan jantung karena tak diperbolehkan masuk ruang PICU Rumah Sakit Mitra Keluarga, membuat Komisi XI DPR mencecar Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.

Rapat yang semula diagendakan membahas RUU APBN terkait anggaran Kementerian Kesehatan pun berubah menjadi pembahasan mengenai bayi Debora.

Ketua Komisi IX DPR, Dede Yusuf meminta agar menkes memberikan sanksi pada RS Mitra Keluarga sambil menunggu investigasi.

"Jadi harus diberikan sanksi, kemudian perlu SOP, ini masalah administrasi, komunikasi yang buruk, perlu ada pelatihan khusus untuk menjelaskan biaya-biaya layanan kesehatan," kata Dede dalam dengan Menkes di Gedung Nusantara I DPR, Jakarta, Senin (11/9/2017).

Sementara itu, Anggota Komisi IX Fraksi Gerindra, Roberth Rouw meminta agar pemerintah membuat SOP yang berlaku untuk semua rumah sakit agar setiap warga negara yang sudah mengakses rumah sakit diberikan layanan tanpa ada 'embel-embel'.

"Pemerintah harus membuat SOP yang berlaku di indonesia, baik swasta harus ikut aturan disini. Izinnya harus mengikuti SOP," ujar Roberth.

Di sisi lain, Anggota Komisi IX Fraksi Nasdem, Irma Suryani Chaniago mempertanyakan soal data hukuman yang diberikan menkes pada rumah sakit yang nakal seperti menolak pasien.

"Karena nggak ada punishment rumah sakit jadi seenak udelnya sendiri. Teman-teman jangan diam saja. Jangan nyawa manusia itu kemudian di-bargaining dengan korps, karena melindungi korps kesehatan dan mengabaikan nyawa manusia," tegas Irma. (icl)

tag: #kesehatan  #komisi-xi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...