Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 12 Sep 2017 - 06:45:23 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi VIII: RS Mitra Keluarga tak Miliki Kepedulian Sosial

64mitra.jpg
Rumah Sakit Mitra Keluarga (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Rumah Sakit Mitra Keluarga di Kalideres, Jakarta Barat dinilai tak memiliki fungsi sosial dalam memberi layanan kesehatan bagi masyarakat.

RS ini harus dievaluasi izin operasionalnya menyusul kematian bayi Debora yang tak mendapat penanganan medis memadai, karena persoalan biaya pasien.

Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher Parasong menyesalkan kejadian itu. Sebagai mantan direktur sebuah RS, Ali mengaku paham betul fungsi RS. Selain fungsi layanan medis, RS juga punya fungsi sosial yang tak boleh dilupakan.

"Dalam keadaan emergency, tidak boleh ada RS yang menolak pasien, karena itu diatur dalam UU tentang Kesehatan dan UU tentang RS. Menurut pandangan saya, RS yang menolak itu adalah RS yang tidak memiliki sense of humanity, tidak memiliki kepedulian sosial," kata Ali di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/9/2017).

Ali menyerukan pemerintah daerah agar meninjau kembali keberadaan RS yang bersangkutan. Dalam izin itu, jelas Ali, terkandung maksud, pemerintah melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pengelolaan RS. Sejauh mana tingkat pelayanan kesehatan dan tanggung jawab sosial kepada masyarakatnya.

"Dalam pelayanan fungsi sosial, tidak boleh RS menolak pasien apapun tingkat kegawatannya. Maka kita sangat menyesalkan dan tidak terima perlakuan RS terhadap pasien itu," tutur Ali sambil berharap tidak ada lagi Debora lainnya yang meninggal karena tak mendapat layanan kesehatan memadai. (icl)

tag: #komisi-viii  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...