Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 12 Sep 2017 - 07:07:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Duh, Harga Beras Naik di Purwokerto

83beras.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

PURWOKERTO (TEROPONGSENAYAN) - Harga beras kualitas medium di pasar tradisional di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kembali naik akibat minimnya pasokan gabah dari petani. Dari pantauan di Pasar Wage, Selasa (12/9), harga beras IR-64 kualitas medium yang sebelumnya Rp 9.000 per kilogram naik menjadi Rp 9.250 per kilogram.

"Kalau IR-64 kualitas bawah untuk sementara masih seperti pekan kemarin, yakni Rp 8.700 per kg. Demikian pula dengan harga IR-64 kualitas premium masih Rp 10 ribu per kg dan Pandanwangi Rp 11 ribu per kg," kata Novi, salah seorang pedagang.

Menurut dia, kenaikan harga beras kualitas medium itu disebabkan pasokan gabah dari petani makin berkurang karena masa panen hampir berakhir dan banyak tanaman padi yang terserang wereng cokelat. Kendati demikian, dia mengatakan kenaikan harga beras di Purwokerto khususnya Pasar Wage selama ini masih dalam batas wajar meskipun sedang masa paceklik seperti saat sekarang.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, dia mengatakan, harga beras eceran kualitas medium tertinggi di Pasar Wage Rp 9.500 per kg. Sedangkan kualitas premium Rp 12 ribu per kg.

Di Pasar Manis, Purwokerto, harga beras kualitas medium yang pekan lalu berkisar Rp 9.250 hingga Rp 9.500 per kg naik menjadi kisaran Rp 9.750 hingga Rp 10 ribu per kg. Selain itu, harga beras kualitas premium yang pekan lalu Rp 11.750 per kg naik menjadi Rp 12 ribu per kg.

Pada kesempatan sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Banyumas Yunianto mengatakan harga beras di sejumlah pasar tradisional setempat masih terkendali.

"Kalaupun ada kenaikan harga beras, harganya masih dalam batas kewajaran," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin (11/9).

Ia mengakui hasil panen padi di Banyumas mengalami penurunan akibat serangan wereng cokelat. Akan tetapi, kata dia, hal itu tidak terlalu berpengaruh terhadap pasokan beras di Banyumas.

"Berdasarkan pantauan kami, ketersediaan beras di Banyumas masih bisa mencukupi hingga Hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018," katanya. (Ant/icl)

tag: #harga-pangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement