TSJatim
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 17 Sep 2017 - 00:20:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Prabowo Disarankan tak Dukung Gus Ipul dan Khofifah di Pilgub Jatim

97prbaowo.jpg
Prabowo Subianto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak akan kembali dilaksanakan tahun depan. Pada Tahun 2018 nanti, ada 171 daerah di tingkat kabupaten/ kota dan provinsi, yang akan menyemarakan geliat pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Direktur Eksekutive IDM Untuk Kajian Politik Dan Sosial, Bin Firman Tresnadi mengatakan bahwa dari 171 daerah yang mengikuti Pilkada serentak 2018, ada 17 Provinsi akan melakukan Pemilihan Gubernur termasuk Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Tentu saja ketiga provinsi yang memiliki pemilih terbanyak saat Pilpres tentu saja ketiganya mendapat sorotan lebih di luar provinsi lainnya yang juga ikut menyelenggarakan pemilihan gubernur nantinya," katanya dalam keterangan pers yang diterima wartawan, Sabtu (16/9/2017)

Lebih lanjut dikatakannya, seperti diketahui dalam Pilpres 2014 hanya di Jawa Barat saja Prabowo bisa menang. Sedangkan di Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi basis kekuatan kemenangan Joko Widodo.

"Tentu saja Pilgub di 3 provinsi di pulau Jawa terkait tokoh yang akan diusung oleh PDIP dan Gerindra akan punya pengaruh besar dalam Pilpres 2019 nantinya terhadap Capres dari PDIP dan Gerindra," imbuhnya.

Dia mengaku bahwa sudah mampu menggambarkan peta suara di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Kata dia, Jawa Tengah adalah kandang banteng. Para simpatisannya pun sangat militan sebagai pemilih PDIP dan Joko Widodo. Sementara Jawa Barat lebih didominasi oleh Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019 nantinya.

"Nah, yang sangat harus diperhatikan oleh kedua kubu antara Joko Widodo dan Prabowo adalah Pilgub di Jawa Timur. Sebab di Jawa Timur Prabowo tidak terlalu Kalau jauh dari Joko Widodo saat Pilpres 2014," tambahnya.

Kacamata dia, setidaknya saat ini muncul tiga tokoh yang diprediksi maju sebagai bakal Cagub Jatim. Mereka adalah Wakil Gubernur Jatim saat ini Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, dan Ketua Kadin di se Jatim, La Nyalla Mattalitti yang saat Pilpres 2014 sebagai ketua TIM pemenangan Prabowo-Hatta.

Dari situ, kata dia, jelas terlihat bahwa PDIP dan PKB sebagai partai pendukung Joko Widodo akan mengusung Gus Ipul, sedangkan PPP, Hanura, Nasdem dan Golkar sepertinya akan mengusung Khofifah, sementara Gerindra, Partai Demokrat, PAN dan PKS Belum terlihat akan mengusung keduanya.

Dia menilai bahwa Gerindra tak akan mendukung Gus Ipul ataupun Khafifah. Sebab menurutnya, kedua tokoh itu tak punya komitmen kuat untuk mensukseskan Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019 nanti.

"Karena jelas kedua tokoh ini ada di kubu partai yang mendukung Joko Widodo. Bisa jadi keduanya sengaja akan dibuat head to head siapapun yang menang tetap pro Joko Widodo nantinya di Pilpres 2019," urainya.

Untuk itu, dia menyarankan Partai Gerindra untuk mendukung La Nyalla. Sebab, jika tidak, hal dukungan Gerindra terhadap Gus Ipul ataupun Khafifah justru akan menimbulkan kerugian sendiri bagi pencalonan Prabowo di Pilpres 2019 nanti. Apalagi Pilgub Jawa Timur diadakan di awal tahun-tahun politik. Disitu kata dia merupakan saatnya tahun politik mulai memanas.

Sebab, sudah dipastikan bahwa gambar Prabowo dan Gerindra tidak akan dominan sebagai alat kampanye yang akan dipasang jika mereka mengusung Gus Ipul dan Khofifah. Tak jauh beda, Mesin Partai Gerindra juga pasti tidak akan bergerak, karena tidak mungkin mau kader Gerindra yang militan mendukung calon dari PDIP dan menterinya Joko Widodo.

"Nah jika ingin terjadi konsolidasi yang ideal dan massif terhadap Gerindra dan Prabowo Subianto sebagai Capres 2019 untuk mengalahkan Joko Widodo di Jawa Timur sebaiknya Gerindra tidak mengusung Gus Ipul maupun Khofifah nantinya," pungkasnya. (icl)

tag: #pilkada-jatim-2018  #prabowo-subianto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSJatim Lainnya
TSJatim

Warga Surabaya Deklarasikan Duet Jokowi-Mahfud MD

Oleh Ferdiansyah
pada hari Minggu, 29 Jul 2018
SURABAYA (TEROPONGSENAYAN) --Sekelompok warga menamakan diri sebagai Relawan Jokowi-Mahfud MD (RJM) mendeklarasikan dukungan kepada Mahfud agar menjadi Cawapres pendamping Jokowi ...
TSJatim

Menangi Pilkada Jatim, Khofifah Temui Romi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Calon Gubenur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyambangi kantor DPP PPP di Jalan Diponegoro Nomor 60, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018). Khofifah tiba ...