Berita
Oleh Sahlan pada hari Selasa, 19 Sep 2017 - 11:23:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Pansus KPK Ingin Undang Jokowi, Pimpinan DPR Gelar Rapim

67taufik-kurniawan3.jpg
Taufik Kurniawan (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pimpinan DPR akan menggelar rapat pimpinan (Rapim) soal permohonan Pansus Angket KPK untuk mengadakan rapat konsultasi dengan Presiden.

"Ini rencananya siang atau besok kami akan mengadakan rapim terkait permohonan pansus angket untuk mengadakan rapat konsultasi dengan presiden," kata Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Namun, kata Taufik, pemanggilan Jokowi di Pansus KPK masih menjadi perdebatan banyak kalangan. Pasalnya, Pansus sebagai domain DPR bukan pemerintah. Ada juga yang berpendapat ada hal-hal yang harus disampaikan langsung kepada presiden.

"Jadi dua pendapat ini memang muncul di internal Parlemen, sehingga dalam Rapim siang nanti atau besok, ini kita lagi menunggu kuorum pimpinan, karena beberapa ada yang sedang di luar kota sehingga harapannya dua hal itu menjadi semacam pertimbangan dalam kaitan merespon permohonan dari panitia angket untuk konsultasi dengan presiden," katanya.

Bagi Taufik pribadi, sebaiknya pemerintah tidak usah dilibatkan dalam keputusan di Pansus. Pemerintah cukup diinformasikan saja hasil keputusan Pansus di rapat paripurna nanti.

"Kalau ada keputusan, sampaikan saja di Paripurna. Komunikasi dengan pemerintah, dengan partai koalisi itu konteksnya informal. Tapi kalau sudah dibawa secara formal nanti takutnya ada kesan seolah nanti ada campur tangan pemerintah ke Parlemen," kata politikus PAN ini.

Ia mengkwatirkan jika pemerintah ditarik-tarik dalam keputusan Pansus. Nanti masyarakat berpandangan ada campur pemerintah dalam keputusan di Pansus.

"Oleh karena itu, kalaupun ada komunikasi dengan pemerintah, sebaiknya didelegasikan ke partai koalisi pemerintah, dalam konteks informal. Kalau sudah rapat konsultasi kan sudah formal karena diatur dalam tatib dan UU MD3," tandasnya.

Diketahui, Panitia Khusus (Pansus) Angket KPK telah mengirimkan surat kepada pimpinan DPR untuk mengirimkan surat permohonan rapat konsultasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di rapat konsultasi itu akan dibahas mengenai temuan-temuan Pansus Angket KPK.

"Kami telah kirim surat ke pimpinan DPR dan meminta mengirimkan surat ke Presiden untuk agenda rapat konsultasi dengan Pansus termasuk pimpinan DPR. Kami berharap rapat konsul sebelum tanggal 28 September," kata Wakil Ketua Pansus Angket KPK Taufiqulhadi, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/9).(yn)

tag: #hak-angket-kpk  #jokowi  #taufikkurniawan  #wakilrakyat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...