Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 21 Sep 2017 - 08:21:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Pansus KPK Ungkap Indikasi Korupsi Agus Rahardjo

45pansuskpk.JPG
Konferensi pers Pansus Hak Angket KPK, di Hotel Santika, Jakarta, Rabu (20/9/2017) (Sumber foto : Mandra Pradipta - TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Panitia Khusus (Pansus) Angket DPR menyatakan, Ketua KPK Agus Rahardjo terindikasi korupsi, saat menjabat sebagai Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Agus diduga terlibat dalam kasus korupsi pengadaan alat berat penunjang perbaikan jalan pada Dinas Bina Marga di Provinsi DKI Jakarta, pada tahun 2015.

Nilai proyek tersebut sebesar Rp 36,1 miliar.

Anggota Pansus Angket KPK Arteria Dahlan menyatakan hal itu dalam konferensi pers Pansus Angket DPR di Hotel Santika, Jakarta, Rabu (20/9/2017), menjelang masa kerja Pansus Angket KPK akan selesai pada 28 September 2017.

"Kami temukan indikasi penyimpangan di internal LKPP yang saat itu pimpinannya adalah Agus Rahardjo," kata Arteria.

Politisi PDI-Perjuangan ini pun membeberkan, bahwa pihak-pihak yang terlibat sebagai pelaksana proyek diduga melakukan rekayasa dalam proses pengadaan.

Ia menambahkan, dari laporan yang diterima Pansus, ada pihak-pihak di internal LKPP yang ikut terlibat dalam praktik korupsi saat pengadaan barang tersebut. Kasus ini sendiri sudah ditangani oleh Polda Metro Jaya, lantaran terdapat kerugian negara Rp 22,4 miliar dalam proyek itu.

"Kami juga menemukan fakta ada pihak yang dalam hal ini pimpinan LKPP diduga kuat memerintahkan direktur pengembangan sistem katalog LKPP untuk melaksanakan e-catalogue. Jadi ada transaksi dulu baru rekayasa," jelasnya.

Saat disinggung soal sumber informasi tersebut, Arteria hanya mengklaim bahwa informasi yang diperoleh Pansus adalah informasi yang akurat dan dapat dipercaya.

"Bukti itu bisa kami pertanggungjawabkan. Kami miliki dokumen materiil maupun suporting. Kami tidak takut untuk membuka, tapi dalam forum yang sakral di DPR RI," pungkasnya. (plt)

tag: #hak-angket-kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement