Berita
Oleh M Anwar pada hari Jumat, 22 Sep 2017 - 17:39:34 WIB
Bagikan Berita ini :

Ingin Bersatu, SOKSI Berencana Gelar Munas Bersama Bulan Depan

54SOKSI.jpeg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) Bersama untuk Bersatu pada 10-12 Oktober 2017 di Jakarta.Munas tersebut akan mengundang semua pengurus dan anggota SOKSI dari sejumlah kubu.

“Satu-satunya cara untuk menyatukan organisasi adalah menyelenggarakan Munas Bersama untuk Bersatu. Saya sampaikan bahwa kami telah mendapat izin Partai Golkar untuk menyelenggarakan Munas ini. Dan insya Allah 10-12 Oktober di Jakarta,” kata tokoh Partai Golkar Utoyo Usman didampingi sejumlah pengurus SOKSI di Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Sesepuh SOKSI itu mengaku, ide ini muncul setelah melakukan rapat pleno DPP Golkar. Saat rapat itu, kata dia, Golkar mengamanatkan untuk melakukan konsolidasi agar SOKSI menjadi satu. Utoyo menegaskan, tidak bisa tidak, Golkar tetap harus campur tangan dalam urusan organisasi sayapnya tersebut.

Menurut dia, sudah pada tempatnya Golkar ikut campur karena merupakan badan yang berwenang mengajukan calon anggota DPR, MPR. Calon-calon itu juga berasal dari kader Soksi maupun Golkar.

“Karena para anggota Soksi secara individual juga anggota Partai Golkar,” ujarnya.

Selain itu, kata Utoyo, dulu juga sudah ada amanat dari tokoh pendiri Soksi, almarhum Suhardiman. Menurut dia, Suhardiman mengamanatkan agar jangan sampai SOKSI menjadi terkeping-keping, tetapi harus satu kepengurusan agar mempunyai bargaining position yang besar di masyarakat.

Utoyo kemudian mengajukan kepada pimpinan PG bahwa untuk mengonsolidasikan diri tidak bisa dengan cara lain selain format musyawarah.

Utoyo kembali menegaskan bahwa Munas nanti juga akan mengundang masing-masing pihak atau dewan pimpinan nasional (depinas) SOKSI serta anggotanya.

“Siapa yang merasa ingin jadi calon ketua juga kami undang,” ujar Utoyo.

Menurut Utoyo, kalau tidak memenuhi permintaan Partai Golkar untuk melakukan konsolidasi agar SOKSI satu, sama saja mengorbankan calon-calon anggota DPR dan MPR yang ada di internal partai beringin.

“Jadi, dalam kesempatan ini saya menyatakan semuanya akan kami undang karena ini untuk kepentingan anggota Soksi dan Partai Golkar untuk menjemput hak konstitusionalnya untuk dipilih,” katanya.

Selain itu juga untuk kembali ke paham karya kekaryaan yang merupakan ideologi implementasi dari Pancasila dan UUD 45. Dia menegaskan, tidak masalah kalau tak mau datang memenuhi undangan munas nanti. Sebab, munas pasti akan tetap berjalan terus.

“Yang rugi mereka sendiri karena tidak mau datang,” tegasnya.

Diketahui, organisasi massa pendiri Partai Golkar, Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) terpecah menjadi tiga kubu.

Pertam SOKSI kubu Ade Komarudin (Akom), kedua kelompok Rusli Zainal dan ketiga SOKSI pimpinan Lawrence TP Siburian.(yn)

tag: #soksi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPK Periksa Angota DPR Ihsan Yunus Kasus Pengadaan Alat Kesehatan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus, memenuhi panggilan Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (18/4/2024). Dia diperiksa sebagai saksi ...
Berita

Hardjuno Pertanyakan Ketegasan Pemerintah dan DPR Soal Pemberantasan Korupsi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan public seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu ...