Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 24 Sep 2017 - 16:01:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Menko Kemaritiman Pantau Situasi Gunung Agung

7(KabinetKerja)LuhutIII.jpg
Luhut Binsar Pandjaitan (Sumber foto : Dokumen TeropongSenayan)

KARANGASEM (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, belum dapat memastikan batal dan tidaknya pertemuan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia (IMF-WB) yang dijadwalkan pada Oktober 2018, karena menunggu kondisi normal Gunung Agung, Kabupaten Karangasem.

"Kami masih menunggu bagaimana kondisi Gunung Agung saat ini dan belum bisa mengatakan apakah jadwal IMF-WB di Bali, karena pelaksanaannya masih cukup lama," ujarn Luhut dalam kunjungannya memantua Posko Komando Logistik di Pelabuhan Tanah Ampo, Kabupaten Karangasem, Minggu (24/9/2017).

Hal ini dikatakannya, karena Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PWMBG) Badan Geologi, Kementerian ESDM belum menyatakan status gunung tertinggi di Bali itu meletus dan berapa besar dampak letusan yang diakibatkan sehingga mengganggu aktifitas penerbangan.

"Kita lihat dulu lah, kapan Gunung Agung ini meletus. Kapan meledaknya dan seberapa besar dampak gangguannya," ujarnya dengan tegas.

Dengan kedatangan dirinya memantau posko pengungsi Gunung Agung, lanjut dia, secara tidak langsung pihaknya sudah menduga-duga bagaimana kondisi Bali ke depannya. "Terkait rencana lokasi lain untuk dilaksanaan IMF-WB, kami sedang memikirkan hal ini," ujarnya.

Pihaknya mengakui, terkait pembahasan IMF-WB di Bali sudah berdiskusi dengan pihak terkait dan berkoordinasi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terkait hal ini. "Apapun kontinjensi untuk pelaksanaan IMF-WB ini harus dipersiapkan secara matang," ujarnya.

Ia mengharapakan, kondisi Gunung Agung saat ini ke depannya tidak membawa dampak negatif terhadap masyarakat di Pulau Dewata dan wisatawan yang datang ke Bali.

Sebelumnya, Luhut Binsar Panjaitan dalam rapat nasional persiapan pertemuan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), di Kabupaten Badung, Bali, beberapa waktu lalu mengatakan pertemuan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia yang dijadwalkan pada Oktober 2018 di Bali akan mendongkrak ekonomi daerah setempat, termasuk menggerakkan sektor usaha kecil menengah.

Dalam pertemuan IMF-WB yang direncanakan di Pulau Dewata itu, akan dihadiri 15 ribu orang dari 189 negara yang bergerak disektor UKM, sektor akomodasi perhotelan dan restoran. (Ant/icl)

tag: #luhut-binsar-pandjaitan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...