Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Senin, 25 Sep 2017 - 11:08:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Gawat, Jakarta Terancam Kekurangan 2.500 Guru

88Syarif-Gerindra.jpg
Syarif (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Akibat kebijakan moratorium penerimaan PNS sejak kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), DKI terancam kekurangan guru sebanyak 2.500. Ihwal tersebut diungkapkan Anggota DPRD DKI Jakarta dari fraksi Gerindra Syarif.

Syarif memperkirakan, hingga tahun depan DKI Jakarta kekurangan PNS hingga 12 ribu. Terbanyak dari Dinas Pendidikan yakni guru.

Nah, yang paling parah itu kan yang lampu kuning kan Dinas Pendidikan. Dinas Pendidikan itu pada 2018 kekurangan 2.500 guru. Krisis guru, kan gawat itu,” ujar Syarif kepada wartawan, Minggu (24/9/2017).

Syarif menjelaskan krisis pendidik itu kini mulai dirasakan. Menurutnya, terdapat guru yang harus mengajar di empat kelas berbeda.

Jika moratorium tidak segera dicabut, sebut Syarif, bukan tidak mungkin setiap guru harus mengajar di enam kelas berbeda pada 2018 mendatang. Meski saat ini kekurangan ditutupi dengan adanya guru honorer, namun menurutnya kebutuhan guru PNS tetap harus segera dipenuhi.

“Besok itu kalau gak ada rekrutmen guru, ada 5 sampai 6 kelas diajar oleh satu guru, tahun 2018. Dan itu sekarang sudah mulai terjadi. Ada yang ngajar di 4 kelas. Besok (tahun depan) tambah lagi 5-6 kelas dong,” tandasnya.

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan pihak legislatif telah mendorong agar Pemprov DKI Jakarta lebih proaktif agar penghentian sementara perekrutan PNS dicabut dengan berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

“Idealnya kalau ngikutin rasionya itu idealnya (jumlah) kita PNS, ASN ya, mengembalikan angka di awal, 77.000 pegawai,” tutup Syarif.(yn)

tag: #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...