Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 25 Sep 2017 - 14:24:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Djarot Usul Pilgub DKI Lewat DPRD, Ini Kata Mendagri

25mendagri.jpg
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengusulkan pemilihan Gubernur DKI Jakarta melalui DPRD. Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo berpendapat usulan itu boleh-boleh saja asal DPR menyetujui perubahan UU terkait.

"Ya kalau sepakat DPR dan semua pihak mengubah UU. Membahas undang-undang perlu perhatian yang panjang. Selama ini kami masih berdasar pada UU. Soal wacana sah-sah saja," kata Tjahyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/9/2017).

Namun, ia menilai proses pemilihan kepala daerah secara langsung sudah berjalan dengan baik dan sukses.

"Sekarang pada tahap konsolidasi demokrasi, dengan pilkada serentak dua kali sukses, soal ada dinamika di DKI wajar, tapi daerah lain sukses," katanya.

"Saya pikir kalau ada wacana baru silakan itu hak tapi kita ingin lebih memantapkan itu," katanya.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mendorong revisi undang-undang Nomor 29 tahun 2017 tentang DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Negara. Dalam salah satu poin revisi yang diusulkan Djaror adalah: Gubernur DKI Jakarta dipilih DPRD.

"Demokrasi daerah khusus tidak hanya bisa dimaknai dengan one man one vote. Bisa juga dipilih oleh DPRD atas usul dari presiden," kata Djarot. (plt)

tag: #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...