Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 01 Okt 2017 - 09:38:28 WIB
Bagikan Berita ini :

DPD: Perkuat Daya Saing MEA dengan Branding Pariwisata

18Dailami-Firdaus.jpg
Dailami Firdaus (Sumber foto : Istimewa)

BALI (TEROPONGSENAYAN)--Anggota Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI Dailami Firdaus menyatakan, daya saing Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) perlu diperkuat dengan branding pariwisata. Hal itu disampaikannya di sela-sela kegiatan sosialisasi MEA BKSP DPD RI di Bali.

“Brand atau merek tujuan wisata perlu dikemas menarik sedemikian rupa, harus menggambarkan nilai-nilai alami dan tidak dibuat-buat, sehingga mampu mengangkat tujuan wisata,” kata Dailami Firdaus, Kamis (28/9/2017) sembari mengingatkan bahwa keinginan pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan jumlah wisatawan menjadi 20 juta orang pada tahun 2019 bukan pekerjaan mudah.

World Tourism Organization (WTO) memperkirakan jumlah wisatawan akan mencapai 1,8 miliar orang 13 tahun yang akan datang, dan menghasilkan USD 2,1 triliun, namun tujuan wisata yang ada relatif terbatas untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut, sehingga persaingan di sektor ini sangat ketat.

“Malaysia menerima 19 juta wisatawan ASEAN, Thailand 22 juta dari non-ASEAN, bahkan Singapura 15 juta orang. Padahal tujuan dan tempat wisatanya tidak semenarik Indonesia,” ungkap senator dari dapil Provinsi DKI Jakarta tersebut.

Menurutnya, pemerintahan pusat dan daerah perlu memperkuat daya saing daerah di sektor pariwisata. Dirinya berharap, pemerintahan baru DKI dibawah kepemimpinan Anies Baswedan-Sandiaga Uni melakukan pembenahan serius pengelolaan pariwisata ini. Wisata, menurutnya, akan mengalami pergeseran dari hanya banyaknya orang mengunjungi tujaun wisata tertentu menjadi wisata untuk mengalami sesuatu yang berkonsekuensi penambahan pemasukan dari wisatawan.

“Memang Jakarta itu ibukota negara, jadi banyak saja yang akan berkunjung ke sini. Tapi, Jakarta bukan hanya soal penginapan, kita ada Pulau Seribu, museum, kota tua, Dufan yang perlu dikelola dengan baik dan itu semua akan meningkatkan pendapatan para pelaku di industri ini,” tegas Dailami mengakhiri tanggapannya.

Sosialisasi MEA bertema 'Pariwisata Daerah yang Berdaya Saing dan Berkelanjutan dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)' diselenggarakan Wiswa Utama II Kantor Gubernur Provinsi Bali dan dihadiri sekira 200 peserta dari berbagai pemangku kepentingan pariwisata di Provinsi Bali.(yn)

tag: #dpd  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...