Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 03 Okt 2017 - 07:07:24 WIB
Bagikan Berita ini :
Tawaran Divestasi 51 Persen Ditolak Freeport

Menko Maritim akan ke Amerika

31(KabinetKerja)LuhutIII.jpg
Luhut Binsar Pandjaitan (Sumber foto : Dokumen TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bahwa divestasi PT Freeport Indonesia (FI) sebesar 51 persen tetap berjalan. Walaupun ada penolakan dari PTFI atas penolakan tersebut, Luhut akan membicarakan kembali dengan petinggi perusahaan tersebut.

"Lagi kita bicarakan. Lagi di-exercise," kata Luhut di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/10/2017).

Luhut pun membenarkan terkait dengan keberadaan surat penolakan yang dilayangkan PTFI ke Kementerian Keuangan. Untuk itu, pihaknya akan melakukan negosiasi. Bahkan, dia berencana dalam waktu dekat ke Amerika Serikat termasuk untuk membahas divestasi Freeport.

Meski akan melakukan koordinasi kembali, Luhut memastikan bahwa pemerintah tidak akan mengubah keinginan untuk membeli saham perusahaan tersebut hingga 51 persen. Pemerintah juga tetap mewajibkan pembangunan pabrik pemurnian mineral atau smelter kepada Freeport sebagai syarat perpanjangan kontrak.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan negosiasi divestasi saham Freeport masih berlanjut meski ada surat penolakan yang diberikan CEO Freeport McMoran Inc Richard C Adkerson kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Indonesia Hadiyanto pada 28 September 2017. "Negosiasinya masih berlanjut. Masih berjalan, masih berjalan, masih berjalan. Ya namanya negosiasi," kata Rini.

Rini mengaku belum melihat langsung surat penolakan divestasi dari Freeport. Menurutnya, proses negosiasi masih terus berjalan dengan pihak-pihak terkait untuk pembahasan lebih lanjut.

"Gini, kalau Freeport pada dasarnya negosiator utamanya itu bu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) dan juga Menteri ESDM," ujar Rini. (Rep/icl)

tag: #luhut-binsar-pandjaitan  #pt-freeport  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...
Berita

Cak Imin Ungkap Nasib Anies di Pilkada 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan Anies Baswedan tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus ...