Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 06 Okt 2017 - 14:53:41 WIB
Bagikan Berita ini :

MA Akui Sulit Cari Hakim Pintar dan Benar

95mahkamah_agung.jpg
Mahkamah Agung (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Kepala Biro Humas dan Hukum Mahkamah Agung (MA) Abdullah mengatakan, tidak mudah mencari calon hakim yang pintar dan benar. Pasalnya, jumlah peserta seleksi calon hakim yang lolos tidak mencapai tiga kali kuota yang dibutuhkan.

"Dari 25.358 peserta yang lolos administrasi, yang berhasil lulus seleksi kemampuan dasar hanya 3.808, sungguh tidak mudah mencari hakim yang pintar dan benar," kata Abdullah di Gedung MA Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Jumlah 3.808 peserta yang lulus sama dengan 15 persen dari seluruh peserta seleksi calon hakim yang lolos seleksi kemampuan dasar.

Padahal sebelumnya MA mentargetkan setidaknya peserta calon hakim yang lulus mencapai tiga kali dari 1.600 kuota hakim yang dibutuhkan.

"Tetapi kami tidak akan memaksakan kuota tersebut, yang penting adalah kualitas dari calon hakim, harus pintar dan benar," kata Abdullah.

Lebih lanjut Abdullah mengatakan bahwa MA memang berkomitmen untuk mendapatkan calon hakim yang pintar dalam artian memiliki kompetensi sebagai hakim, dan benar dalam arti memiliki integritas tinggi.

"Hakim harus pintar punya makna dia memiliki alur pikir yang logis, sistematis, holistik, sehingga dalam menyusun argumentasi harus nampak langkah-langkahnya, analisis, dan konklusinya," kata Abdullah.

Tugas hakim yang berat dan menghadapi risiko tinggi dikatakan Abdullah menjadikan hakim harus memiliki integritas tinggi supaya tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak lain.(yn/ant)

tag: #mahkamah-agung  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...