TSJateng
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 07 Okt 2017 - 05:42:51 WIB
Bagikan Berita ini :

Sudirman Said Dikenalkan ke Warga Kampung Warteg, Begini Suasananya

27IMG-20171006-WA0123.jpg
Sudirman Said saat di Kampung Warteg, di Desa Cabawan, Tegal, Jateng, Jumat (6/10/2017) (Sumber foto : Istimewa )

TEGAL (TEROPONGSENAYAN)-- Ketua Umum Koperasi Warung Tegal (Kowarteg) Sastoro mengenalkan bakal calon gubernur Jateng, Sudirman Said kepada warga Kampung Warteg, di Desa Cabawan, Tegal, Jateng. Pengenalan dilakukan Sastoro, yang dikenal juga sebagai sesepuh pengusaha warteg, saat sholat Jumat (6/10/2017) di Masjid As-Safar, Cabawan.

Sesi pengenalan Sudirman dilakukan Sastoro sebelum rangkaian sholat Jumat dimulai.

"Iki sedulurku lanang (saudara laki-laki saya), mantan menteri ESDM. Tolong wajahnya diingat-ingat nanti pemilu (Pilgub) 2018 dipilih," kata Sastoro kepada jamaah sholat Jumat

Pada kesempatan itu Sastoro meminta jamaah sholat Jumat mendoakan Sudirman Said agar mendapat kepercayaan masyarakat memimpin Jateng.

Sebelum ke masjid, Sastoro juga mengenalkan Sudirman kepada warga Cabawan, yang berada di sekitar daerah tempat tinggalnya.

Dalam kunjungannya ke Brebes dan Tegal, Sudirman menyempatkan diri mengunjungi Desa Cabawan, yang juga dikenal sebagai kampung warteg. Desa ini merupakan kampung halaman para pedagang warteg yang tersebar di Jabodetabek maupun daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Sudirman menyaksikan sendiri hasil jerih payah para diaspora (perantau) Tegal yang menjadi pedagang nasi di Jabodetabek. "Ini contoh nyata bahwa masyarakat perantau bisa membangun desanya, setelah berhasil di perantauan," katanya sambil menyaksikan kampung yang tertata rapi dengan deretan bangunan rumah permanen yang kokoh dan bagus.

Sudirman sendiri merasa salut dengan keberadaan warteg yang tersebar di berbagai penjuru, karena menggerakan ekonomi masyarakat dan dapat menyediakan lapangan kerja yang cukup besar.

Dia menggambarkan, jumlah warteg yang ada di Jabodetabek saja mencapai sekitar 35.000 warung. Jika masing-masing watwg, yang beroperasi 24 jam mempekerjakan lima orang karyawan saja, maka ada sekitar 175.000 lapangan pekerjaan.

Selain itu, keberadaan warteg juga dapat menggerakkan ekonomi pedesaan. Karena warteg menyerap produk-produk pertanian dan peternakan rakyat. Mulai dari beras, sayur mayur, buah-buahan ikan, ayam, telur, tahu, tempe dan lain-lain.

"Dengan harga yang relatif terjangkau masyarakat kelas bawah, warteg juga menjadi solusi bagi pemenuhan kebutuhan konsumsi masyarakat akan bahan makanan pokok," urai Sudirman.

Dalam pandangan Sudirman, melihat kontribusinya yang begitu besar dalam menggerakkan ekonomi rakyat dan penciptaan lapangan kerja, pemerintah perlu memberikan perlindungan kepada pengusaha warteg. Di antaranya dengan menciptakan iklim yang kondusif bagi keberlangsungan dan keamanan dalam berusaha.

"Misalnya dengan menciptakan stabilitas harga kebutuhan pokok agar harga porsi makanan di warteg tetap terjangkau masyarakat bawah," urai dia.(dia)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSJateng Lainnya
TSJateng

Presiden PKS Kaget Timses Cagub Sudirman Said Ditodong

Oleh Enjang Sofyan
pada hari Selasa, 03 Jul 2018
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Presiden PKS mengaku kaget saat mengetahui salah satu tim sukses (Timses) calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said-da Fauziyah ditodong orang tak dikenal. "Kaget ...
TSJateng

Sudirman Said Kalah Versi Hitung Cepat, Sohibul: Saya Bangga

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Presiden PKS Sohibul Iman mengapresiasi upaya pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur, Sudirman Said-Ida Fauziah di Pilkada Jawa Tengah, Rabu (27/6/2018) ...