Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 09 Okt 2017 - 22:02:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Jonan Perkirakan Nilai Divestasi Freeport US$ 4 Miliar

18freeportindonesia.jpg
Freeport Indonesia (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri ESDM, Ignasius Jonan, memperkirakan divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia akan mencapai US$ 4 miliar.

Jonan mengatakan, valuasi jika diproyeksikan Freeport McMoran (FCX) memiliki nilai pasar 20,74 miliar dolar Amerika Serikat di bursa saham New York, maka kontribusi PT Freeport Indonesia kira-kira 40 persen dari nilai itu.

Dalam rapat bersama Komisi VII DPR, di Komplek DPR, Senayan, Jakarta, Senin (9/10/2017), lebih lanjut Jonan menjelaskan 40 persen dari 20,74 miliar dolar Amerika Serikat kira-kira sebesar 8 miliar dolar Amerika Serikat. Maka jika divestasi mayoritas akan diambil Indonesia setidaknya kurang lebih harus dipersiapkan sekitar 4 miliar dolar AS.Sebab, perhitungan itu mengacu divestasi 51 persen dari delapan miliar dolar Amerika Serikat.

"Kalau itu direferensi, rata-rata dalam 5-10 tahun kontribusi profitnya dari operasi Grasberg atau PT FI itu sekitar 40 persen, ya nilainya 8 miliar. Kalau 51 persen itu ya 4 miliar. Gampang ini. Tinggal minta premiumnya berapa, karena ini kontrol 51 persen," kata Jonan, di hadapan Komisi VII DPR.

Persoalan kontrol, menurut Jonan, saat ini masih dalam tahap pembicaraan. Namun memang sudah memiliki komitmen sejak awal, bahwa untuk pelaksanaan tambang tetap dilaksanakan oleh Freeport McMoran, namun manajerial atau pengaturan tetap dibawah pemerintah Indonesia.

Keputusan perpanjangan sendiri, pemerintah menegaskan jika hal tersebut akan diberikan jika persyaratan yang ditawarkan Indonesia telah disepakati diantaranya divestasi 51 persen. Kedua telah berkomitmen membuat smelter, dan ketiga penerimaan negara harus lebih besar. Sedangkan strategi untuk mengarah kepada hal teknis tersebut, pemerintah akan membahasnya secara tertutup. (plt/ant)

tag: #pt-freeport  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...