Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 11 Okt 2017 - 15:16:20 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Kementerian Pesantren, Ini Tanggapan Menteri Agama

20LukmanHakimSaifuddin.jpg
Menteri Agama, Lukman Hakim Saefudin (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi usulan agar pembentukan Kementerian Pesantren yang fokus mengurusi pondok pesantren di seluruh Indonesia.

"Tentu inti dari apa yang disampaikan Bapak Presiden Joko Widodo adalah bahwa keberadaan pesantren itu sekarang semakin dirasakan manfaatnya. Tingkat urgensi dan relevansinya semakin tinggi," kata Lukman di Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Dia mengatakan sudah saatnya pesantren mendapatkan perhatian yang lebih besar dari pemerintah. Kendati demikian, Lukman belum dapat memastikan realisasi atas usulan dibentuknya Kementerian Pesantren.

Tentang pesantren, Lukman mengatakan pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat masih menggodok usulan agar ada bidang setingkat direktorat jenderal yang fokus untuk menggarap pesantren di bawah koordinasi Kementerian Agama.

"Kami sejak beberapa waktu lalu sedang menyiapkan desain besar karena memang kebutuhan di lapangan yang begitu besar. Ditjen Pendidikan Islam sekarang ini membawahi tiga direktorat yaitu Direktorat Pendidikan Tinggi, Direktorat Madrasah dan Direktorat Pesantren dan Diniyah, ... Nantinya agar tiga ini menjadi direktorat jenderal," kata dia.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VIII Noor Achmad mengatakan pihaknya masih mengkaji usulan pembentukan Kementerian Pesantren sebagaimana disampaikan sejumlah pemuka agama kepada Presiden Joko Widodo.

"Kalau ada Kementerian Pesantren, ya kita kaji dulu," kata Noor ditemui di tempat yang sama.

Menurut dia, DPR saat ini lebih fokus untuk melakukan penambahan direktorat jenderal di Kemenag. Salah satunya ditjen soal pesantren. Jika itu sudah direalisasi maka akan menjadi loncatan yang sangat berarti untuk nasib pesantren yang lebih baik. (plt/ant)

tag: #kementerian-agama  #lukmanhakim  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement