Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 17 Okt 2017 - 10:12:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Romy: Pelaku Konflik Gunakan Agama untuk Dapatkan Bantuan

49IMG_8715.jpg
Romahurmuzy (Sumber foto : Dokumen TeropongSenayan)

AMBON (TEROPONGSENAYAN) - Mayoritas konflik horizontal yang terjadi, pemicunya adalah konflik non agama yang diagamakan. Namun sebagai umat beragama, banyak yang terjebak dan menyederhanakan konflik horizontal sebagai konflik agama.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PPP Romahurmuzy saat menjadi pembicara dalam Rapat Koordinasi Akselerasi Reformasi Birokrasi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku.

"Bagi para pelaku konflik, menginisiasi solidaritas sosial atas nama agama adalah hal yang paling mudah untuk membangkitkan sentimen dalam rangka mendapatkan bantuan yang dibutuhkan," kata Romy.

Menurutnya, hal itu menjadi persoalan bagi umat beragama.

"Sebab, konflik non agama yang diseret menjadi konflik keagamaan, bisa meluas tanpa batas. Bahkan bisa menembus batas negara," ujarnya.

Sehingga dia memastikan, dibalik seluruh konflik yang diagamakan, ada faktor non agama. Namun sayangnya, banyak pihak yang terjebak dan menganggapnya sebagai konflik berbasis agama.

"Konflik horizontal juga dilatarbelakangi dengan identitas-identitas yang sama sekali bukan identitas keagamaan. Karena itu, membaca konflik horizontal harus dengan kehati-hatian," tandasnya.

Sehingga, dia berharap masyarakat tidak mudah menganggap konflik horizontal sebagai konflik berbasis agama. Dia lalu mencontohkan ISIS yang mengatasnamakan Islam.

"Pun latar belakangnya disebabkan oleh faktor non agama, yaitu penguasaan ladang-ladang minyak. Itu yang membuat ISIS menjadi organisasi radikal yang kaya, yang menguasai sumur minyak. Bahkan, pendapatan yang diperoleh ISIS dari penguasaan minyak mencapai Rp 10 miliar per hari," ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dan keempat terbesar penduduknyabdi dunia, maka Indonesia menjadi laboraturium dari semua agama. Selain itu, semua agama yang ada di dunia juga masuk ke Indonesia dan menularkan pemahamannya.

"Salah satunya adalah Islam. Sehingga, laku dan gerak Islam di Indonesia, akan menentukan laku dan gerak Islam di dunia. Sebab, 1/8 penduduk Islam di dunia ada di Indonesia," paparnya. (icl)

tag: #ppp  #romi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soroti Kasus Pinjaman Shopee Paylater, Anggota Komisi XI DPR Dorong OJK Tindaklanjuti dan Perketat Perlindungan Konsumen

Oleh Fath
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Menanggapi maraknya aduan masyarakat mengenai kasus penagihan yang tidak sesuai aturan, pengaktifan sepihak dan penyalahgunaan akun SPaylater oleh orang lain, Puteri ...
Berita

Sah, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPU RI akhirnya resmi menetapkan, Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih Pilpres 2024. Penetapan tersebut ...