Jakarta
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 17 Okt 2017 - 13:27:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Anies Soal Kata Pribumi di Pidatonya: Itu Konteksnya Era Penjajahan

42anies-baswedan-gubernur.jpg
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Publik sempat heboh dengan pidato Gubernur DKI Anies Baswedan yang menyinggung soal pribumi. Orang nomor satu di Jakarta itu pun menjelaskan kata pribumi yang diucapkannya.

Kata itu, terang Anies, konteksnya pada era kolonialisme sebelum kemerdekaan.

"Istilah itu digunakan untuk konteks pada saat era penjajahan," ujarnya di Balai Kota DKI, Selasa (17/10/2017).

Gubernur yang mengawali kerjanya hari ini mengatakan, Jakarta merupakan kota yang paling merasakan penjajahan. Warga DKI menyaksikan langsung orang Belanda yang menjajah Indonesia. Hal ini tentu berbeda dengan mereka yang berada di daerah. Meski tahu adanya penjajahan di Indonesia, kata dia, tapi yang langsung menyaksikan adalah warga Jakarta.

"Yang lihat Belanda dari jarak dekat siapa, orang Jakarta. Coba kita di pelosok-pelosok Indonesia, tahu ada Belanda. Tapi lihat depan mata? Nggak. Yang lihat depan mata itu kita yang di Kota Jakarta," ujar dia.

Ia pun berharap media memberitakannya sesuai konteks. Selain itu, Anies juga meminta media mengoreksi pemberitaannya jika tidak sesuai dengan apa yang diucapkan.

"Pokoknya itu digunakan lebih menjelaskan era kolonial Belanda," bebernya.

Dalam pidatonya, Senin (16/10) malam, Anies mengatakan, "Dulu kita semua pribumi ditindas dan dikalahkan, kini telah merdeka, kini saatnya kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri". Penggunaan diksi 'pribumi' ini yang dalam sekejap memantik perdebatan publik.(yn)

tag: #anies-baswedan  #aniessandi  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...