Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 18 Okt 2017 - 16:15:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Survei Median: Loyalitas Konstituen Partai Pemerintah Terhadap Jokowi Rendah

76jokowi-sedih2.jpg
Presiden Joko Widodo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--MediaSurveiNasional (Median) merilis hasil surveinya. Dari data tersebut ditemukan adanya ketidaksolidan dari konstituen partai pendukung pemerintah terhadap kepemimpinan Joko Widodo.

Dalam survei bertajuk 'Menakar Loyalitas dan Persepsi Grassroot Partai Terhadap Jokowi' itu, Direktur Eksekutif Median Rico Marbun menerangkan, lembaganya telah melakukan identifikasi persepsi konstituen masing-masing partai.

"Kami mengidentifikasi persepsi konstituen partai-partai terhadap dua hal, yaitu terhadap kemampuan Jokowi dan terkait sudah benar atau tidaknya arah perjalanan bangsa di tangan Jokowi," kata Rico, Rabu (18/10/2017).

Menurut Rico, ketika ditanyakan kepada responden soal sudah benar atau tidaknya arah bangsa di masa. Ternyata dari partai-partai koalisi pemerintah, hanya PDIP dan NasDem yang konstituennya di atas 60 persen menjawab sudah benar.

"Sebanyak 75 persen grassroot PDIP menjawab arah bangsa di masa Jokowi sudah benar, di urutan kedua diduduki NasDem sebanyak 66,3 persen," terangnya.

"Sedangkan konstituen partai-partai koalisi lainnya, memiliki persepsi yang relatif lebih rendah. Konstituen PAN hanya 19,8 persen yang menganggap arah bangsa saat ini sudah benar, sedangkan PKB sebanyak 32,7 persen, Golkar 37,3 persen, PPP 37,9 persen, Hanura 36,3 persen, dan Perindo sebesar 41,9 persen," ulasnya.

Kemudian ketika ditanyakan apakah Jokowi mampu menjalankan tugas sebagai Presiden, menurut Rico, di antara konstituen partai-partai koalisi pemerintahan juga terlihat adanya ketidaksolidan, alias pembelahan persepsi. Hanya konstituen PDIP dan NasDem yang memiliki persepsi positis di atas 60 persen, terhadap kemampuan Jokowi.

"Ada sebanyak 90,5 konstituen Nasdem yang menyatakan Jokowi mampu menjalankan tugasnya, di urutan kedua diduduki PDIP sebanyak 72,8 persen, PKB 54,1 persen, PPP 42,1 persen, Hanura 50,5 persen, Golkar 38,5 persen, dan Perindo 28,3 persen," papar Rico.

Rico menambahkan, dari kedua pertanyaan terkait persepsi terhadap jalannya pemerintahan dan kemampuan Jokowi itu, maka dapat disimpulkan, di antara partai koalisi, loyalitas relatif tertinggi terhadap Jokowi hanya terdapat pada konstituen PDIP dan NasDem.

Survei ini dilakukan dalam rentang waktu 14-22 September 2017, terhadap 1.000 responden yang telah memiliki hak memilih di seluruh Indonesia, melalui metode multi stage random sampling, dengan margin error 3,1 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.(yn)

tag: #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...
Berita

Legislator Golkar Tegaskan Bangsa Indonesia Terus Dukung Kemerdekaan Palestina

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota DPR RI Mukhtarudin mengatakan bahwa Indonesia tetap mendukung kemerdekaan Palestina, sesuai dengan politik luar negeri yang dianut Indonesia. "Posisi ...