Berita
Oleh M Anwar pada hari Jumat, 20 Okt 2017 - 15:24:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Kalau Tak Ada Pengaruh JK, Anies-Sandi Berani Batalkan Proyek Reklamasi

35lagi-lagi-gubernur-anies-baswedan-dipolisikan-karena-pidato-soal-pribumi.jpg
Gubernur Anies Baswedan (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Komitmen untuk menolak reklamasi di Teluk Jakarta menjadi tantangan berat yang dihadapi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Pasalnya, rencana itu bakal terbentur dengan regulasi pemerintah pusat.

Pengamat Politik Network for South East Asian Studies (NSEAS), Muchtar Effendi Harahap mengaku optimis kalau Anies Baswedan berani menghentikan proyek reklamasi seperti janjinya semasa kampanye.

"Dia pasti berani menghentikan reklamasi karena dapat dukungan dari mayoritas masyarakat yang menolak reklamasi Teluk Jakarta, termasuk parpol-parpol pendukung Anies," kata Muchtar kepada Jumat (20/10/2017).

Selain itu, latar belakang Anies yang bukan seorang politikus ataupun pengusaha juga menjadi faktor pendorong menghentikan reklamasi.

"Karena Anies tidak punya kepentingan soal dagang atau bisnis. Dia berasal dari keluarga intelektual dan pejuang kemerdekaan. Tentu Anies akan mengutamakan martabat keluarga," lanjut Muchtar.

Namun terlepas dari faktor tersebut, ada hal yang bisa membuat nyali Anies ciut membatalkan reklamasi. Salah satunya mendapat tekanan dari kelompok Jusuf Kalla (JK) yang mendukungnya di Pilkada DKI lalu.

"Kalau kelompok JK memperoleh kepentingan bisnis dengan reklamasi tersebut, baru Anies tidak berani. Tapi kalau hanya melawan kepentingan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dan konglomerat, saya yakin Anies berani tolak reklamasi," tandasnya. (aim)

tag: #aniessandi  #reklamasi  #reklamasi-pantai-utara-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Pengiriman Bantuan untuk Korban Gempa Terkendala Kapal, NU Bawean Minta Jokowi Turun Tangan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
GRESIK (TEROPONGSENAYAN) --Pengiriman bantuan logistik/sembako untuk korban Gempa Bawean, Gresik, terkendala menyusul minimnya armada kapal barang yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan ...
Berita

Rojih Ubab Maimoen: Media Sosial Bisa Dijadikan Amal di Bulan Ramadan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi 1 DPR RI, KH. Rojih Ubab Maimoen mengajak masyarakat untuk mengunakan media digital dengan sebaik-baiknya. Apalagi, kata ia, di bulan Ramadan yang penuh ...