TSJateng
Oleh M Anwar pada hari Minggu, 22 Okt 2017 - 19:21:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Sudirman Said : Politik Tak Bisa Dibiarkan Kotor

16IMG-20171022-WA0179.jpg
Bakal Calon Gubernur Jateng Sudirman Said memberikan pembekalan organisasi kepada para koordinator relawan dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah, Minggu (22/10/2017) di Prambanan, Klaten (Sumber foto : Istimewa )

KLATEN (TEROPONGSENAYAN)-- Politik tak bisa dibiarkan kotor selamanya. Harus ada orang-orang baik yang membersihkannya agar politik memberi manfaat sebesar-besarnya untuk kepentingan kemajuan dan kesejahteraan bersama.

“Politik yang koruptif diisi orang bermasalah dan mengorbankan rakyat banyak. Yang dirugikan rakyat paling bawah yang jumlahnya banyak,” kata Ketua Institut Harkat Negeri, Sudirman Said pada acara Pembekalan Organisasi untuk para relawan Sudirman Said, Minggu (22/10/2017) di Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Menurut Sudirman, politik harus dikembalikan kepada hakikat dan makna politik itu sendiri. Yakni setiap usaha manusia untuk memperbaiki keadaan guna mencapai keselamatan dunia dan akhirat.

“Itulah yang dilakukan para pendiri bangsa. Mereka terjun ke dunia politik untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan. Setelah merdeka, mereka berjuang memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” terang Sudirman, yang juga bakal calon gubernur Jateng.

Sudirman memandang, persoalan keadilan sosial kini menjadi tantangan besar bagi upaya memajukan kehidupan bangsa. Makin hari terasa banyak ketimpangan di sana-sini. Karena itu perlu solusi permanen guna mewujudkan keadilan sosial, yang sejatinya merupakan tujuan akhir bernegara.

Sudirman memaparkan, solusi permanen untuk persoalan keadilan sosial adalah, pertama, kepemimpinan yang bersih dan kompeten. Memiliki keberpihakan pada rakyat, tidak mudah dibeli oleh kekuatan modal, baik asing maupun dalam negeri. Serta mampu melindungi kelompok paling tidak berdaya dan menjaga jalannya elit untuk tidak destruktif (merusak).

“Selain itu juga harus memiliki kompetensi yang diperlukan untuk mengatasi beragam persoalan yang muncul, mampu menggerakan perubahan untuk kebaikan bersama,” imbuh Sudirman.

Solusi kedua adalah penegakkan hukum tanpa pandang bulu. Hukum tidak boleh tajam ke bawah tumpul ke atas. Kalau rakyat atau orang kecil melanggar hukum terasa begitu perkasa. Tetapi jika elit yang melanggar hukum terasa lemah tidak berdaya.

“Di hadapan elit hukum seolah menjadi seperti barang mainan. Mereka yang sudah ditetapkan sebagai tersangka bisa berakrobat supaya lepas dari jerat hukum,” kata dia lagi.

Ketiga, pemberantasan korupsi. Korupsi membuat pembangunan terhambat. Membuat rakyat kecil sengsara. Karena itu penguatan lembaga pemberantasan korupsi menjadi keniscayaan. Bukan sebaliknya malah dilemahkan, dan aparatnya diteror dengan tindakan-tindakan keji tidak berperikemanusiaan.

Sudriman menandaskan, Indonesia umumnya dan Jateng khususnya, harus dibangun menggunakan tangan-tangan bersih, agar slogan ora korupsi, ora ngapusi benar-benar terlaksana, tidak berhenti sebagai kata-kata semata.

Dan solusi keempat adalah membangun kehidupan politik yang berkeadaban. Politik dengan tujuan melayani, bukan menghalalkan segala cara untuk tujuan pribadi dan kelompok. Politik berharkat mulainya bukan dari logistik, tetapi dari idealisme, gagasan yang dipadu dengan semangat juang untuk mewujudkannya.

Kepada para relawan yang hadir dari seluruh kabupaten/kota di Jateng Sudirman menyampaikan, sejak kebangkitan nasional, gerakan perubahan yang besar selalu dipelopori kaum terdidik, orang-orang cerdas yang memiliki kepedulian bagi keselamatan bangsanya.

Karena itu kader penggerak relawan harus jadi pemimpin pergerakan di tempat masing masing. Pemimpin pergerakan akan menjadi kepercayaan rakyat dan akan mengajak mereka ikut serta sebagai energi perjuangan yang dibutuhkan untuk perubahan. Perubahan menuju Jateng yang lebih baik, maju, dan berharkat.(dia)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
TSJateng Lainnya
TSJateng

Presiden PKS Kaget Timses Cagub Sudirman Said Ditodong

Oleh Enjang Sofyan
pada hari Selasa, 03 Jul 2018
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Presiden PKS mengaku kaget saat mengetahui salah satu tim sukses (Timses) calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said-da Fauziyah ditodong orang tak dikenal. "Kaget ...
TSJateng

Sudirman Said Kalah Versi Hitung Cepat, Sohibul: Saya Bangga

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Presiden PKS Sohibul Iman mengapresiasi upaya pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur, Sudirman Said-Ida Fauziah di Pilkada Jawa Tengah, Rabu (27/6/2018) ...