Menko Polhukam Minta Bawaslu Selesaikan Indeks Kerawanan Pemilu
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 23 Okt 2017 - 17:24:40 WIB

Bagikan Berita ini :

80WirantoII-TS.jpg
Sumber foto : Dokumen TeropongSenayan
Wiranto

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mendesak Badan Pengawas Pemilu untuk segera menyelesaikan peta indeks kerawanan pemilihan kepala daerah.

"Saya minta Bawaslu segera menyelesaikan penelitian tentang indeks kerawanan pemilu, di daerah mana saja yang rawan, sehingga kita masih ada waktu menetralisir kerawanan-kerawanan itu," kata Wiranto usai memberikan pengarahan dalam Rapat Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Jakarta, Senin (23/10/2017).

Indeks kerawanan pilkada tersebut perlu diselesaikan segera sehingga lembaga penyelenggara pemilu, baik di pusat maupun daerah, dapat mempersiapkan upaya pencegahan dengan maksimal.

"Dengan itu, kita bisa secara dini melakukan pencegahan hal-hal negatif saat pilkada digelar. Maka, indeks kerawanan pilkada diperlukan supaya kita tidak kecolongan," tambahnya.

Koordinasi antar-lembaga penyelenggara pemilu diperlukan untuk menetralisir potensi kerawanan pelaksanaan pilkada.

Selain itu, keterbukaan antar-pemangku kepentingan dalam pilkada juga penting untuk mewujudkan pelaksanaan pilkada yang sukses. (Ant/icl)

tag: #pemilu-2019  #pilpres-2019  #wiranto  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING
Pembaca Teropong Senayan, Yth Perhelatan Pilkada Serentak 2018 sudah usai. Hasil hitung cepat (quick count) lembaga survei telah terpublikasi secara masif. Dari publikasi ini, para pemilih pun mengerti menang atau kalahkah kandidat yang mereka pilih. Pada saat bersamaan, para kandidat capres/cawapres dan partai pendukung ditengarai juga mulai mengatur strategi menyikapi hasil pilkada. Tentu, strategi ini hendak menempatkan hasil pilkada sebagai acuan meraih kemenangan pada Pilpres 2019. Menurut Anda, siapa capres yang diuntungkan oleh hasil Pilkada 2018 :
  • Joko Widodo
  • Prabowo Subianto
  • Calon Alternatif Poros Ketiga
LIHAT HASIL POLING