Berita
Oleh M Anwar pada hari Senin, 23 Okt 2017 - 21:46:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi Tunjuk Din Syamsuddin Jadi Utusan Khusus Presiden

78Jokowi-Din-Syamsuddin.jpg
Presiden Joko Widodo didampingi Mensesneg Pratikno saat mengumumkan pengangkatan Din Syamsuddin sebagai utusan khusus presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/10/2017) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Presiden Joko Widodo menunjuk Dewan Pertimbangan MUI Siradjudin (Din) Syamsuddin sebagai utusan khusus presiden untuk dialog dan kerja sama antaragama dan peradaban.

“Saya beri tugas mengembangkan dialog dan kerja sama antaragama baik dalam negeri dan luar negeri,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/10/2017).

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Jokowi di hadapan Din dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Jokowi menjelaskan, penunjukkan ini dilakukan sebab Din selama ini telah mempromosikan kerukunan beragama di Indonesia kepada dunia selaku Presiden Konferensi Asia dan Dunia untuk Perdamaian dan Agama.

Mantan Gubernur DKI ini menyebut, penunjukan tersebut awalnya tak langsung diterima Din. Penunjukan baru diterima dua pekan setelah ditawarkan.

“Tidak mencari lagi sudah ada fondasi kuat. Sudah jelas dan konkret meski awalnya beliau ragu, saya sampaikan ini untuk kepentingan negara dan bangsa,” kata Jokowi.

Ia mengatakan, target kerja Din terutama di dalam negeri harus mampu menjaga kerukunan antarumat beragama. Sementara itu, Indonesia juga harus lebih berperan aktif menjaga perdamaian di luar negeri.

Sejumlah persoalan di luar negeri yang menjadi sorotan di antaranya konflik di Afghanistan, Palestina, hingga permasalahan etnis Rohingya di perbatasan Myanmar dan Bangladesh.

Din sementara itu menyatakan, “ini perjuangan yang sesuai konstitusi. Saya berniat menjalankan ini sebagai pengabdian bangsa dan negara," ucapnya.(yn)

tag: #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement