Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 25 Okt 2017 - 14:25:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Terhubung dengan LRT

38budikaryasumadi.jpg
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung yang direcanakan terhubung hingga Bandara Kertajati-Majalengka bisa disambung dengan kereta LRT.

"Namun pilihannya ada dua, apakah semuanya kereta cepat atau disambung dengan LRT," kata Budi di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Budi mengatakan, hal itu akan didiskusikan dalam waktu dekat berikut soal pembiayaan dan lelang kontraktor.

Menurut Budi, jarak Bandung-Majalengka sejauh 80 kilometer dan apabila dicapai dengan kereta cepat berkecepatan 200 kilometer per jam, bisa ditempuh dalam waktu 30 menit.

Dari stasiun akhir di Bandung, yaitu Tegal Luar juga akan disambungkan dengan moda ke pusat kota, begitu juga di Stasiun Halim.

"Pilihannya akan banyak, sehingga feeder (pengumpan) untuk KA cepat akan lebih komprehensif," kata Budi.

Proyek tambahan itu terlebih dahulu akan ditawarkan kepada swasta agar tidak membebani APBN.

"Kebutuhan keseluruhan transportasi Indonesia sebesar Rp1.500 triliun. Indonesia hanya punya Rp500 triliun. Sisanya lagi swasta. Kalau sudah ada swasta yang mau, ya masak ditarik-tarik lagi," kata Budi.

Dia mencontohkan proyek KA Makassar-Parepare sudah dilirik oleh investor Korea Selatan.

"Jadi, kita hanya membiayai 40 kilometer pertama Rp4 triliun, 60 kilometer lainnya dibiayai mereka. Ini akan memberikan efek yang baik pada cash flow APBN," kata Budi.

Budi mengatakan integrasi Kereta Cepat hingga Majalengka karena Jakarta-Bandung akan diproyeksikan menjadi kota megapolitan pada 2045.

"Sehingga, dibutuhkan kerangka utama transportasi yang menjadi aksesibilitas Soetta ke Kertajati," kata Budi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada peluang pembangunan kereta cepat ini diintegrasikan hingga Bandara Kertajati yang ditargetkan rampung tahun depan.

Kereta cepat Jakarta-Bandung juga ditargetkan bisa menyatu dengan semua proyek infrastruktur di Pulau Jawa pada 2030.(plt/ant)

tag: #kereta-cepat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...