Berita
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 14 Nov 2017 - 19:32:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Setnov Bingung Pilih Hadiri Rapat Paripurna atau KPK ?

10ketua-dpr-ri-setya-novanto_20170523_102357.jpg
Ketua DPR Setya Novanto (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Ketua DPR Setya Novanto pasti sedang bingung. Sebab besok Rabu (15/11/2017) ada dua agenda yang meminta kehadirannya yaitu Rapat Paripurna DPR dan memenuhi undangan KPK sebagai tersangka dalam kasus korupsi e-KTP.

Tentunya hanya Setnov dan Tuhan sendiri yang tahu apa rencananya besok. Namun yang jelas Setnov sendiri belum dipastikan hadir untuk memimpin rapat paripurna dengan agenda pembacaan pidato Ketua DPR pada pembukaan masa sidang kedua 2017-2018 besok, Rabu (15/11).

Masa reses anggota dewan berakhir hari ini, sehingga besok para anggota legislatif itu akan berkumpul di ruang sidang paripurna. "Tentunya kami tidak mengetahui apakah beliau bisa hadir atau tidak, tetapi kami yakin bahwa tanpa kehadiran beliau rapat paripurna tetap berjalan," kata Wakil Ketua DPR Agus Hermanto di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/11).

Agus mengatakan empat pimpinan dewan bisa membacakan pidato pembukaan andai Setya Novanto tak hadir. "Sehingga tidak harus dikhususkan ke Pak Novanto," kata politikus Partai Demokrat tersebut.

Untuk itu, kata Agus, jika Setya Novanto tidak bisa hadir besok, itu bukan sebuah masalah karena pimpinan DPR bersifat kolektif kolegial. "Yang penting dalam paripurna minimal dua pimpinan yang hadir karena kuorum adalah minimal dua pimpinan. Namun kalau rapat pimpinan, minimal tiga orang pimpinan. Sekarang kan ada lima pimpinan. Kalau satu yang berhalangan, rasanya ini tidak menjadi masalah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPP Golkar Bidang Hubungan Eksekutif dan Legislatif Yahya Zaini mengatakan, Setya Novanto biasanya selalu hadir dalam pembukaan masa sidang anggota dewan usai reses.

Yahya mengatakan, Setya Novanto sudah kembali dari kunjungan ke Kupang, Nusa Tenggara Timur. Oleh karena itu, Yahya menilai Setya Novanto akan datang ke pembukaan rapat paripurna besok.

"Insya Allah hadir. Setahu saya sudah pulang, karena itu kunjungan beliau sebagai anggota DPR mewakili dapil NTT. Setahu saya beliau besok akan hadir," ujar Yahya Gedung DPR. (aim)

tag: #korupsi-ektp  #kpk-vs-setnov  #setya-novanto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...