Ada Duit yang Disiapkan Buat Setnov Rp 60 Miliar
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 14 Nov 2017 - 20:30:01 WIB

Bagikan Berita ini :

15Setya-Novanto-1.jpg
Sumber foto : Dok Istimewa
Ketua DPR Setya Novanto

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Dalam sidang lanjutan terhadap kasus dugaan korupsi e-KTP dengan tersangka mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri, Sugiharto, dan Direktur Biomorf Johannes Marliem terungkap bahwa ada duit yang disiapkan buat Ketua DPR Setya Novanto dari proyek pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

"Permintaan uang untuk Andi. Andi untuk bosnya, Setya Novanto. Pokoknya belum pasti, tapi yang jelas, kalau bisa Rp 100 miliar," kata Sugiharto dalam sidang lanjutan korupsi e-KTP dengan terdakwa Andi Agustinus di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Pusat, Senin, (13/11/2017)

Berdasarkan rekaman pembicaraan yang diperdengarkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK, Sugiharto mengaku bahwa Marliem saat itu hanya bisa menyediakan Rp 60 miliar. Dalam rekaman pembicaraan, Sugiharto menawarkan agar Marliem melakukan perhitungan dengan Direktur PT Quadra Solutions Anang Sugiana Sudihardjo.

Dia juga menambahkan, ada perhitungan yang belum mencapai titik temu antara Anang, Andi, dan Johannes. "Ada hitungan di lapangan yang sampai saat ini belum dihitung. Kami melakukan perhitungannya," ujarnya.

Sementara itu Anang Sugiana Sudihardjo mengakui adanya duit yang dijanjikan Johannes sebesar Rp 100 miliar. Dalihnya sebagai dana tak terduga proyek e-KTP. "Saya bilang itu uang yang dijanjikan Johannes Marliem untuk dana tak terduga di proyek e-KTP," ucapnya.

Anang mengatakan dana tersebut telah dikantongi Johannes. "Si Johannes itu mengatakan kepada saya dia punya dana sebesar itu," tuturnya. Ketika ditanya jaksa apakah duit tersebut untuk Andi atau bosnya, Anang mengatakan, "Bisa jadi."

Jaksa KPK, Abdul Basir, pun mencecar Sugiharto soal alasan adanya jatah duit kepada Setya Novanto dari proyek e-KTP. Ia mengaku tak tahu-menahu tentang adanya penjatahan untuk Setya. "Saya tidak tahu," katanya. Sugiharto mengaku besaran duit untuk Setya telah diatur Johannes (aim)

tag: #  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING
Pembaca Teropong Senayan, Yth Perhelatan Pilkada Serentak 2018 sudah usai. Hasil hitung cepat (quick count) lembaga survei telah terpublikasi secara masif. Dari publikasi ini, para pemilih pun mengerti menang atau kalahkah kandidat yang mereka pilih. Pada saat bersamaan, para kandidat capres/cawapres dan partai pendukung ditengarai juga mulai mengatur strategi menyikapi hasil pilkada. Tentu, strategi ini hendak menempatkan hasil pilkada sebagai acuan meraih kemenangan pada Pilpres 2019. Menurut Anda, siapa capres yang diuntungkan oleh hasil Pilkada 2018 :
  • Joko Widodo
  • Prabowo Subianto
  • Calon Alternatif Poros Ketiga
LIHAT HASIL POLING