Berita
Oleh Sahlan pada hari Kamis, 16 Nov 2017 - 13:11:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Jadi Penceramah Utama, Romy Hadiri Temu Ulama Internasional di Sukabumi

95Romy-Pengajian.jpg
Romahurmuziy menghadiri acara Multaqo Sanawiy Internasional & Haul Abuya as-Sayyid Muhammad bin Alwiy bin Abbas al-Malikiy al Hasaniy di Ma’had Darul Habib Islamic Boarding School Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (16/11/2017) (Sumber foto : Sahlan/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Umum PPP M. Romahurmuziy menghadiri acara Multaqo Sanawiy Internasional & Haul Abuya as-Sayyid Muhammad bin Alwiy bin Abbas al-Malikiy al Hasaniy.

Pria yang akrab disapa Gus Romi itu dijadwalkan menjadi pencermah utama, Kamis (16/11/2017). Acara Temu Ulama’ Internasional tersebut berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 15-16 Nov 2017 di Ma’had Darul Habib Islamic Boarding School Sukabumi, Jawa Barat.

Hadir pada acara tersebut sebanyak 1.500 peserta lebih, yang umumnya para tokoh masyarakat, kiai, dan habaib yang datang dari berbagai penjuru nusantara. Bahkan, acara tersebut dihadiri para habaib dari manca negara dalam rangka sharing isu-isu yang terjadi di dunia Islam sekaligus dalam rangka penguatan Islam Ahlussunah wal Jamaah, dengan visi Islam yang lebih tawassuth (moderat) dan dakwah yang lebih merangkul.

Gus Romi yang hadir bersama Anggota Fraksi PPP DPR RI, H. Mukhlisin, KH. Muslih ZA serta fungsionaris DPP PPP Choirul Sholeh Rasyid tiba di lokasi pkl 09.00. Kehadiran Ketum PPP tersebut disambut hangat oleh Pengasuh Pondok Pesantren Darul Habib Islamic Boarding School, Habib Nopel Abdullah Alkaff dan KH. M. Ihya Ulumuddin, pengasuh Pondok Pesantren Darut Tauhid, Pujon, Malang yang sebelumnya sudah berada di lokasi acara.

Sesuai tema acara, Hubbul Wathon dan Peran Ash-Shofwah dalam Mempertahankan NKRI dengan Manhaj Abuya al-Malikiy, Gus Romi dalam ceramahnya menyinggung soal dinamika politik Islam di tanah air.

Menurutnya, secara teologis, agama dan politik tidak dapat dipisahkan. Al-Qur’an memperlakukan kehidupan manusia sebagai suatu keseluruhan yang organik.

"Artinya, semua bidang kehidupan manusia harus dibimbing oleh petunjuk-petunjuk yang bersumber dari Al-Qur’an, termasuk di dalamnya adalah kehidupan politik. Karena itu, perkembangan politik di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari pergulatan politik Islam di Indonesia," kata Romy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/11/2017).

Menurutnya, kondisi perpolitikan Islam di Indonesia sangat dinamis seiring dengan dinamika parpol-parpol berbasis Islam yang terus berproses untuk menemukan bentuk terbaiknya dalam mengemban amanat ummat.

“Meskipun mengalami pasang surut dalam perjalanannya, eksistensi parpol Islam tetap harus dipertahankan dan diperjuangkan. Keberadaannya sangat dibutuhkan untuk kanalisasi perjuangan umat Islam. Bisa juga menjadi jalan solusi menghadang gerakan ekstremisme di Indonesia. Di samping karena dua hal tersebut, suatu hal yang paling penting dari eksistensi Parpol berbasis Islam adalah sebagai upaya pengintegrasian nilai-nilai Islam dalam hukum positif di Indonesia," katanya.

Menurut Gus Romi, umat Islam tidak boleh pesimis dengan keadaan saat ini.

“Hal yang yang perlu dilakukan adalah menebar kedamaian Islam, karena NKRI sudah final, tidak perlu diperdebatkan lagi. Tidak perlu membentuk Negara Islam Indonesia, karena hukum Islam secara bertahap telah terintegrasi ke dalam peraturan perundang-undangan. Yang perlu dilakukan adalah bagaimana cara memagarinya agar hukum di Indonesia tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam. Oleh karena itu, Politik Islam harus benar-benar dijaga agar senantiasa menjadi pelindung utama tetap tegaknya ajaran Islam serta alat untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat," kata Romy.

Menurut panitia, ustaz Muhammd Faruq al-Haddad, Acara yang bertemakan Hubbul Wathon dan Peran Ash-Shofwah dalam Mempertahankan NKRI tersebut, diharapkan melahirkan rekomendas-rekomendasi yang sifatnya menumbuhkan cinta tanah air dan memperkuat NKRI dengan metode dakwah yang lebih tawassuth. Rekomendasi itu nanti akan menjadi acuan praktis sebagai langkah terobosan dakwah para peserta yang hadir.(yn)

tag: #romi  #wakilrakyat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Di Akhir Periode Kepengurusan PIA DPR Tetap Jalankan Komitmen Berbagi Pada Sesama

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sebagai bentuk komitmen untuk selalu berbagi berkah, di bulan suci Ramadhan kali ini Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI tetap menggelar pemberian Paket sembako bagi ...
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...