Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Kamis, 16 Nov 2017 - 13:55:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Hadiri Gebyar PAUD, Begini Pesan Anies Bagi Guru di DKI

34Anies-pidato.jpg
Anies Baswedan (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Gubernur DKI Anies Baswedan membuka gelaran Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) DKI Tahun 2017 di halaman kantor Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Dalam gelaran ini, Anies mengimbau para insan pendidikan agar berkomitmen tinggi dalam menjalankan fungsi pendidikan dan perlindungan bagi setiap anak.

"PAUD dan Dikmas berperan penting dalam membangun pondasi kokoh bagi perkembangan intelektualitas dan emosi anak pra sekolah," ujar Anies.

Anies menambahkan, PAUD baik formal maupun non formal menuntut penanganan yang terencana, berkualitas dan berkelanjutan dengan sistem manajemen mutu yang dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk itu, kata dia, diperlukan pembinaan kepada lembaga-lembaga pendidikan yang tumbuh dari masyarakat.

Selain itu, fungsi pendidikan memiliki hubungan erat dengan masalah tanggung jawab orang tua sebagai pendidik pertama dari anak-anaknya.

"Setidaknya kita sebagai orang tua memiliki _quality time_ bagi keluarga dan menjadi teman curhat yang baik bagi anak-anaknya. Tidak akan ada anak hebat dan berprestasi, serta pemimpin hebat, tanpa bimbingan Ibu dan Ayah yang hebat," tambahnya.

Selain membuka gelaran ini, Gubernur Anies turut mengukuhkan para Bunda PAUD masa bakti 2017-2022, yakni Ibu Fery Farhati untuk tingkat Provinsi, Ibu Yetty Hernawati untuk Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara, serta Ibu Irma Achdijati untuk Tingkat Kabupaten Kepulauan Seribu.

Untuk diketahui, sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 28, PAUD ditempatkan sejajar dengan pendidikan lainnya. Jalur PAUD meliputi jalur formal pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) dan Raudathul Athfal (RA), serta jalur non-formal seperti Kelompok Bermain, Penitipan Anak dan bentuk lain yang sejenis seperti Pos Pendidikan Anak Usia Dini.(yn)

tag: #anies-baswedan  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...