Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 16 Nov 2017 - 14:52:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Kriteria Pendamping Jokowi Versi JK

9jusufkalla.jpg
Wakil Presiden Jusuf Kalla (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla (JK) mengatakan, calon pendamping Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pemilihan presiden 2019 idealnya sosok yang religius.

"Kalau presidennya nasional, maka wakilnya harus lebih religius, itu biasa," kata JK menjawab pertanyaan peserta Rapat Kerja Nasional Partai Nasdem di Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Menurut JK kalau presidennya politisi wakilnya sebaiknya dari kalangan teknokrat.

Berdasarkan pengalamannya di pemerintahan, ia mengatakan, peluang keterpilihan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berasal dari suku yang berbeda lebih luas.

"Harus bermacam-macam, maka pilihannya luas, karena kalau sama pilihannya sempit," katanya.

Karena di Indonesia penduduk Jawa hampir 60 persen, menurut dia, secara logika calon presiden dari Jawa peluang terpilihnya lebih besar.

Selain itu, dukungan partai politik kepada pasangan calon juga merupakan faktor penting yang meningkatkan peluang keterpilihan mereka.

Dia menambahkan bahwa calon petahana punya peluang lebih besar memenangi pemilihan presiden tanpa kampanye besar kalau kepemimpinannya dinilai berhasil.

Dalam acara itu, JK juga menegaskan kembali bahwa dia tidak akan mengikuti pemilihan presiden dan wakil presiden. "Maaf, saya mau istirahat... undang-undang juga menyebutkan presiden dan wapres tidak bisa dipilih dua kali," kata JK.

Partai Nasdem telah menyatakan dukungan mereka terhadap pencalonan Jokowi sebagai presiden dalam Pemilu 2019.(plt/ant)

tag: #jusuf-kalla  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...