TSJatim
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 18 Nov 2017 - 07:21:33 WIB
Bagikan Berita ini :

PAN: Masuk Akal Kiai Terlibat Politik di Pilkada Jatim

20pan.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

SURABAYA (TEROPONGSENAYAN) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Jawa Timur menilai wajar keterlibatan kiai-kiai pada proses Pilkada Jatim 2018.

"Jika ada kiai yang mendukung salah satu calon itu wajar dan tidak perlu dipersoalkan," kata Ketua Komite Pemenangan Pemilu DPW PAN Jatim Achmad Rubaie ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Jumat (17/11/2017).

Ia mengaku tidak khawatir terhadap dukungan kiai-kiai ke salah satu calon gubernur karena juga merupakan hak asasi manusia.

Menurut dia, keterlibatan kiai dalam Pilkada Jatim merupakan bentuk keterpanggilan karena memilih pemimpin sehingga diperlukan peran kiai untuk turut menentukannya.

"Saya menganggap sangat masuk akal dan positif kiai untuk terlibat dalam proses Pilkada Jatim. Bahkan, kiai wajib turun mengarahkan masyarakat agar pilihannya ke siapa," ujar mantan anggota DPR RI tersebut.

Politikus asal Madura tersebut menilai bahwa kiai memang tidak berpolitik sebab berpolitik maka harus masuk ke partai politik.

"Tapi, begitu ada peristiwa politik yang menyangkut hajat orang banyak maka kiai terpanggil karena jiwanya dalam rangka memberikan pengabdian kepada masyarakat supaya terpandu menggunakan hak-haknya," katanya.

Selain itu, dengan keterpanggilan kiai terlibat dalam proses Pilkada maka Jatim akan sejuk dan damai karena kiai-kiai membawa seperangkat nilai-nilai yang memang mengajarkan para pengikutnya perlu memilih dengan berakhlakul karimah.

Menanggapi perbedaan, ia menilainya di dalam kehidupan masyarakat dan pemahaman agama itu sesuatu lumrah sehingga pihaknya tidak pernah mengkhawatirkannya.

"Bagi kiai, perbedaan itu sudah hal biasa. Yang paling penting, keterpanggilan di dalam rangka ikut serta memandu masyarakat agar menggunakan haknya dengan benar," katanya. (Ant/icl)

tag: #jatim  #partai-amanat-nasional  #pilkada-jatim-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
TSJatim Lainnya
TSJatim

Warga Surabaya Deklarasikan Duet Jokowi-Mahfud MD

Oleh Ferdiansyah
pada hari Minggu, 29 Jul 2018
SURABAYA (TEROPONGSENAYAN) --Sekelompok warga menamakan diri sebagai Relawan Jokowi-Mahfud MD (RJM) mendeklarasikan dukungan kepada Mahfud agar menjadi Cawapres pendamping Jokowi ...
TSJatim

Menangi Pilkada Jatim, Khofifah Temui Romi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Calon Gubenur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyambangi kantor DPP PPP di Jalan Diponegoro Nomor 60, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018). Khofifah tiba ...