Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Sabtu, 18 Nov 2017 - 12:36:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Jika Setnov Tamat, Pengamat: Dukungan Golkar ke Jokowi Belum Aman

55setnov.jpg
Jokowi dan Setya Novanto (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat politik dari UIN Jakarta Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, dukungan politik partai Golkar kepada Jokowi bisa berubah sewaktu-waktu alias Golkar tarik dukungan politiknya.

"Seandainya Setnov dalam waktu dekat di-orange kan KPK, kembali ditetapkan sebagai tersangka untuk kedua kalinya setelah sebelumnya menang di praperadilan. Maka ada kemungkinaan terulang kembali perebutan dua poros antara ARB dengan kubu Agung Laksono," kata Pangi di Jakarta, Sabtu (17/11/2017).

Tidak bisa dinafikan, sambung dia, dua kubu berpotensi kembali mengeliat untuk memperebutkan pengaruh tokoh sentral dan elite penentu seperti ARB dan Agung Laksono untuk menjadi ketua umum partai Golkar menggantikan Setnov.

"Seandainya yang terpilih ketua umum baru partai golkar dari trah kubu ARB, maka kemungkinan dukungan Golkar terhadap pemerintah akan kembali dievaluasi mengusung Jokowi. Itu artinya, dukungan Golkar terhadap Jokowi bisa bergeser dan dipastikan belum aman. Namun kalau poros Agung Laksono yang menang, Golkar dipastikan konsisten mendukung Jokowi dalam pilpres 2019," ungkapnya.

Oleh karena itu, kata dia, apabila Setnov ditahan KPK, konstelasi politik bisa berubah secara ekstrem, turbulensi di internal Golkar tak bisa dihindarkan.

Sebab, lanjut dia, aroma faksi di internal Golkar sampai saat ini masih kental.

"Menang dan terpilihnya Setnov dulu menjadi ketua umum, salah satunya faktor lain adalah Setnov dianggap lebih netral dan relatif cair, bisa masuk ke kubu ARB dan bisa dekat juga dengan kubu Agung Laksono. Ketua umum penganti Setnov kemungkinan polaritasnya mirip dengan Setnov yang posisinya di tengah-tengah," pungkasnya. (icl)

tag: #korupsi-ektp  #kpk  #kpk-vs-setnov  #setya-novanto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ketua Umum IMI Bamsoet Dukung Gelaran Pecah VW 2024 Dapatkan Rekor MURI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mematangkan persiapan acara pemecahan Rekor MURI, ...
Berita

SOKSI Optimis MK Tak Lampaui Wewenangnya: Prabowo-Gibran Presiden dan Wapres Terpilih

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menjelang putusan MK tentang sengketa Pilpres 2024 pada 22 April 2024 mendatang, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga menyatakan optimis amar ...