Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 20 Nov 2017 - 07:18:50 WIB
Bagikan Berita ini :

HNW: Bela Negara Penting untuk Landasan Sikap dan Perilaku

66Hidayat-kaos-item.jpg
Hidayat Nur Wahid membuka kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan metode Pendidikan Bela Negara di lingkungan Resimen Mahasiswa se Provinsi Jawa Timur di Tumapel Room Singhasari Resort, Kota Wisata Batu Malang, Jawa Timur, Jumat sore (17/11/2017) (Sumber foto : Humas MPR)

MALANG (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua MPR Hiadayat Nur Wahid (HNW) menyampaikan apresiasi kepada TNI dan Polri yang yang berhasil menyelamatkan Papua dari kempok kriminal bersenjata.

Hal itu ungkapkan ketika membuka kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan metode Pendidikan Bela Negara di lingkungan Resimen Mahasiswa se Provinsi Jawa Timur di Tumapel Room Singhasari Resort, Kota Wisata Batu Malang, Jawa Timur, Jumat sore (17/11/2017).

Hidayat Nur Wahid yang tiba di lokasi acara (Kota Batu) setelah dengan susah payah melalui jalan darat dari Surabaya karena pesawat yang ditumpangi mendarat di landasan pacu Bandara Abdurahman Saleh Malang, karena cuaca buruk. Namun, ia tetap berusaha hadir di tengah-tengah resimen mahasiswa, karena menyangkut masalah bela negara.

"Cinta negara, terutama untuk para mahasiswa dan para pelajar betul-betul dihadirkan untuk menjadi bagian yang akan melanjutkan keberlangsungan negara ini," tegas Hidayat Nur Wahid.

Dengan bahasa lebih lugas lagi, Hidayat Nur Wahid menyatakan, cinta negara untuk memastikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan ideologi Pancasila akan berkelanjutan, sehingga beragam tantangan, apa yang namanya radikalisme, terorisme, komunisme, liberalisme, termasuk sparatisme, maka melalui jalur pendidikan anak-anak muda akan mudah dikoreksi. Artinya, ketika anak-anak muda mempunyai semangat yang sangat kuat untuk membela negara, maka kepada mereka diberi pemahaman yang baik tentang negara Indonesia.

Lebih lanjut Ketua MPR periode 2004-20119 ini menyatakan, MPR melakukan sosialisasi Empat Pilar menjadi bagian kontribusi MPR untuk memastikan tentang Indonesia kita dari beragam ancaman. Hidayat Nur Wahid berharap, generasi muda ini memiliki peran besar karena, secara demokrafis mereka (anak muda) menjadi mayoritas di Indonesia, dan mereka juga akan melanjutkan kepemimpinan di Indonesia.

"Jadi, tentunya mereka harus mempersiapkan diri, salah satu caranya melalui pemahaman yang baik dan benar tentang Pancasila," ujar Hidayat Nur Wahid.

Oleh karena itu, menurut Hidayat Nur Wahid, kesadaran Bela Negara ini penting untuk ditanamkan sebagai landasan sikap dan perilaku bangsa Indonesia, untuk membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas dinamika ancaman, sekaligus mewujudkan pertahanan dan ketahanan nasional. Dan, masa depan yang lebih baik akan terwujud apabila kita memiliki landasan ideologi, konstitusional, dan komitmen kebangsaan yang kuat, dan menghargai kebhinnekaan.

Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan metode Pendidikan Bela Negara di Kota Batu ini adalah kali kedua diselenggarakan oleh MPR di tahun 2017, setelah yang pertama berlangsung di Lampung. Menurut laporan panitia penyelenggara yang disampaikan oleh Kepala Bagian Persidangan dan Risalah Biro Persidangan dan Sosialisasi Oni Arief Benyamin, Pendidikan Bela Negara ini diikuti oleh 100 mahasiswa anggota Resimen Mahasiswa dari 22 Perguruan Tinggi di Jawa Timur. Dan, kegiatan ini berlangsung empat hari, sejak 17 hingga 20 November 2017.

Pada acara pembukaan Sosialiasi Empat Pilar dengan metode Pendidikan Bela Negara ini hadir dan menyampaikan sambutan adalah Komandan Resimen Mahasiswa Mahasurya Provinsi Jawa Timur, Atfiah El Zam Zami dan Plt. Sekda Kota Batu, Alwi. Selain itu hadir pula sejumlah anggota MPR yang juga merangkap menjadi narasumber, yakini: Hardisoesilo (Fraksi Partai Golkar), Khotibul Umam Wiranu (Fraksi Demokrat), dan Syafruddin (Fraksi PAN).(yn)

tag: #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...