TSJabar
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 20 Nov 2017 - 08:02:50 WIB
Bagikan Berita ini :

Dalam Tiga Jam, Relawan Jabar Juara Kumpulkan Rp 60 Juta untuk Emil

3relawanjabarjuara.jpg
Relawan Jabar Juara menggalang dana masyarakat untuk mendukung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar 2018 (Sumber foto : ist)

BANDUNG (TEROPONGSENAYAN)--Relawan Jabar Juara berhasilkan mengumpulkan sumbangan dari warga sebesar Rp60 juta di acara Car Free Day Buah Batu Kota Bandung, Minggu (19/11/2017). Urunan tersebut merupakan bentuk dukungan bagi kandidat calon gubernur Jawa Barat 2018 M Ridwan Kamil atau Emil.

"Alhamdulillah dalam kurun waktu tiga jam berhasil urunan sebesar Rp60 juta dari `Udunan (bahasa sunda urungan) Warga`," kata Kordinator Relawan Jabar Juara, Moch Hanief.

Hanief mengatakan program udunan warga, adalah pengumpulan dana secara online dan offline untuk membiayai kegiatan sosialisasi Emil sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat pada Pilgub 2018.

"Jadi kami ingin warga menjadi pemeran utama dalam pendanaan demokrasi, sehingga ke depan, kandidat yang menang hanya berutang pada cita-cita warga. Bukan kepada pihak-pihak tertentu yang sering menjadi ATM calon kepala daerah," kata dia.

"Udunan (bahasa sunda untuk urunan) Warga" tersebut, kata Hanief, merupakan ikhtiar untuk penggalangan dana secara transparan, terpercaya dan efisien.

"Kami ingin bersama-sama mengedukasi warga untuk ikut serta dalam sistem pendanaan politik agar ke depan kualitas demokrasi kita semakin meningkat," ujarnya.

Ia mengatakan, selain menggalang dana secara online,pihaknya juga akan mengumpulkkan sumbangan secara offline seperti di area-area publik yang mudah diakses oleh masyarakat. Jumlah sumbangan untuk perorangan dibatasi mulai dari Rp10.000 hingga maksimal Rp75.000. Sedangkan untuk perusahaan maksimal Rp750 juta. Teknis sumbangan diberikan oleh para penyumbang melalui kartu debit, kartu kredit, atau setoran tunai melalui bank.

Adapun loket-loket Udunan Warga nantinya akan tersedia di beberapa lokasi strategis di beberapa kota di Jawa Barat. Udunan Warga diharapkan dapat mengurangi praktek-praktek pendanaan pilkada yang tidak transparan, gelap dan menjurus pada gratifikasi. (plt/ant)

tag: #pilkada-jabar-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
TSJabar Lainnya
TSJabar

Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Dilantik Rabu

Oleh Ferdiansyah
pada hari Senin, 03 Sep 2018
BANDUNG (TEROPONGSENAYAN)--Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dijadwalkan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Rabu ...
TSJabar
Jadi Gubernur dan Wagub Terpilih

Ridwan-Uu Diperkenalkan dalam Rapat Paripurna DPRD Jabar

BANDUNG (TEROPONGSENAYAN)--Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum diperkenal kepada anggota DPRD Jabar. Ridwan-Uu diperkenalkan dalam Rapat ...