Ragam
Oleh M Anwar pada hari Senin, 20 Nov 2017 - 16:30:00 WIB
Bagikan Berita ini :

AWAS! Bakteri dalam Mulut Menumpuk Bisa Picu Peradangan Usus

332606bau-mulut_20150626_142047.jpg
bakteri yang berada di mulut lebih mungkin memicu penyakit radang usus (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Bakteri dalam bentuk apapun dan di manapun tempatnya bisa berbahaya. Termasuk bakteri yang bersarang di rongga mulut, dapat menyebabkan beberapa penyakit serius.

Sebuah studi baru menemukan, bakteri yang berada di mulut lebih mungkin memicu penyakit radang usus. Karena dapat mengaktifkan sel kekebalan untuk memicu peradangan di usus.

Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa ketika bakteri Klebsiella pneumoniae menjajah dalam usus dari keseimbangan mikroba, sel kekebalan yang disebut T helper 1 (TH1) menjadi terlalu aktif dalam usus. Akibatnya, Anda bisa mengalami radang usus yang menyebabkan gangguan kesehatan.

Rata-rata pemicunya ialah manusia menelan 1,5 liter air liur yang mengandung bakteri setiap hari. Bahayanya sangat bisa mengganggu kesehatan secara menyeluruh.

"Kami melihat bahwa mikroba oral relatif diperkaya dengan mikrobiologi usu. Dampaknya bisa memicu penyakit seperti penyakit radang usus besar, infeksi HIV, dan kanker usus besar, dibandingkan dengan individu sehat," Profesor di Universitas Waseda di Tokyo Masahira Hattori, dilansir Boldsky, Senin (20/11/2017).

Selama penelitian, tim tersebut memberikan sampel air liur dari tikus dengan peradangan, serta yang bebas bakteri. Setelah 6-8 minggu, kandungan mikroba dari kotoran tikus dianalisis, yang menunjukkan bahwa sekira 20 jenis bakteri mulut hadir pada tikus ini.

Klebsiella pneumoniae biasanya merupakan penghuni normal di mulut orang sehat. Namun, para periset menyarankan untuk menggunakan antibiotik jangka panjang agar bakteri itu tidak bertahan lama.

Sebelumnya, pernah ada temuan lainnya yang dialami seseorang dengan mulut penuh bakteri. Kaitannya dengan penyakit degeneratif yang mematikan. Agar tahu lebih lanjut, berikut ulasannya supaya Anda bisa tetap waspada.

Penyakit jantung

Jantung adalah salah satu organ vital manusia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kesehatan mulut yang buruk dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung. Seorang penderita penyakit gusi kronis telah meningkatkan ketebalan pembuluh darah, yang mengakibatkan penyakit kardiovaskular ini.

Diabetes

Diabetes dan kesehatan mulut saling berhubungan. Bakteri oral dapat memiliki dampak serius pada pasien diabetes. Jika seseorang menderita diabetes, maka berisiko tinggi mengalami masalah gusi akibat kontrol gula darah yang buruk.

Demensia

Bagi orang yang menderita penyakit gusi, ada kemungkinan mereka mengalami masalah memori dan gangguan kognitif. Begitu bakteri yang mempengaruhi gigi Anda juga bisa mempengaruhi otak. Hal ini dapat menyebabkan masalah otak serius, seperti demensia dan alzheimer. (aim)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...