Jakarta
Oleh Alfian Rifsil Auton pada hari Minggu, 26 Nov 2017 - 13:39:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Anies: Kita Kembalikan Monas Sebagai Alun-Alun Berkumpulnya Warga

74IMG-20171126-WA018.jpg
Anies Baswedan disela-sela Kirab Kebangsaan Merayakan Hari Pahlawan, di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (26/11/2017). (Sumber foto : Dokumen TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Gubernur DKI Anies Baswedan membuka acara seni budaya akbar bertajuk Kirab Kebangsaan Merayakan Hari Pahlawan, di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (26/11/2017).

Pertama, Anies menyampaikan latar belakang dari tema kirab kebangsaan tersebut. “Bapak ibu hari ini kita sama-sama terlibat kirab kebangsaan. Di sini adalah Ibu Kota dari sebuah negeri yang memiliki lebih 700 bahasa dan 400 suku bangsa, hari ini kita merayakan bahwa negeri kita kaya budaya dan tidak kalah penting, negeri ini dibangun dan diperjuangkan oleh para pahlawan,” ujar Anies dalam sambutannya.‎

Anies ingin menggarisbawahi bahwa yang sedang dirayakan di kirab kebangsaan ini adalah persatuan dalam kebhinnekaan, sehingga meskipun kita berbeda tetap bersatu mengahasilkan pertunjukan seni kolosal yang memikat.

“Perlu kita garis bawahi kita sedang rayakan persatuan, dan kita perjuangkan persatuan, kebhinnekaan adalah fakta yang kita perjuangkan adalah persatuan dan hari ini persatuan itu muncul di monas,” terangnya.

Lebih lanjut, Anies memiliki visi untuk membuat Jakarta menjadi kota ekspresi seni budaya di mana setiap suditmya menjadi tempat berekspresi kesenian dan berkebudayaan. Apalagi dalam acara tersebut tampak dari yang awalnya 8 ribu penari menjadi 12 ribu penari yang terlibat.

“Dengan kita mengembalikan Jakarta dengan nuansa seni, maka tak hanya menjadi kota untuk mencari penghidupan tapi juga pusat budaya dan seni, kita ingin keindahan budaya di jakarta harus dikembalikan,” tutur Anies.

Anies juga menjelaskan kenapa lokasi kirab diadakan di monas, karena dia ingin menghidupkan kembali monas sebagai alun-alun warga. Sekaligus himbauan bagi warga Jakarta agar menghidupkan setiap kegiatan kesenian dan kebudayaan.

“Kirab ini Insya Allah akan diselenggarakan secara rutin. Kita kembalikan Monas sebagai alun-alun berkumpulnya warga, izinkan ada kegiatan seni dan budaya. Saya mengimbau aktifkan kegiatan di kampung dan sanggar, pemprov akan mendukung kegiatan seni dan budaya,” tandasnya. ‎(icl)

tag: #aniessandi  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...