TSSumut
Oleh M Anwar pada hari Senin, 27 Nov 2017 - 12:52:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Senilai Rp 3 T, Presiden Mulai Peremajaan Kebun Sawit di Sumut

4127jokowi-nanam-sawit.jpg
Presiden Jokowi saat peresmian peremajaan kebun sawit di Sumsel beberapa waktu lalu (Sumber foto : Istimewa )

SERDANG BEDAGAI (TEROPONGSENAYAN)--Presiden Joko Widodo memulai peremajaan 350 ribu hektare kebun kelapa sawit di Sumatera Utara.

"Luas lahan (kelapa sawit) di Sumut ada 470 ribu hektare, yang perlu diremajakan 350 ribu hektare, gede sekali dan biaya tidak sedikit tapi harus kita kerjakan, kalau tidak, kita hanya lihat kelapa sawit yang berumur 25-30 tahun tidak produktif, harus diremajakan," kata Presiden Joko Widodo di desa Kota Tengah, kecamatan Dolok Masihul, kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara pada Senin.

Presiden menyampaikan hal itu dalam acara peremajaan sawit rakyat (PSR). Provinsi Sumatera Utara adalah provinsi kedua yang menjalankan program peremajaan sawit rakyat setelah diluncurkan perdana di Sumatera Selatan pada 13 Oktober 2017

Pemerintah akan meremajakan kebun rakyat seluas 9.109,29 hektare di Sumatera Utara. Kebun rakyat itu tersebar di 12 kabupaten yatiu Serdang Bedagai, Langkat, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu, Asahan, Batubara, Simalungun, Labuhan Batu Utara, Padan Lawas Utara, Padang Lawas, Deli Serdang dan Tapanuli Tengah.

"Memang tidak berlebihan saat kelapa sawit disebut emas hijau bagi negara kita Indonesia sebab negara kita adalah negara produsen kelapa sawit yang terbesar di dunia. Bukan di Asia atau Asia Tenggara tapi di dunia," tambah Presiden.

Artinya, Indonesia menjadi negara produsen untuk bahan baku sabun, kosmetik, minyak goreng, margarin, industri kulit, farmasi yang semuanya itu berasal dari kelapa sawit.

"Sekarang juga dimulai bahan baku untuk biodiesel nanti untuk mobil, sepeda motor dicampur dengan biodiesel tapi ingat juga menjadi produsen kelapa sawit terbesar artinya kita harus jadi terdepan dalam pengelolaan," ungkap Presiden.

Di bagian pengelolaan itulah, menurut Presiden, Indonesia masih lemah.

"Ada yang punya 5, 10, 100 hektar? Tapi pengelolaan harus diperbaiki. Kita harus kerja keras di sini, bagaimana merawat, memelihara, meremajakan," tambah Presiden.

Pemerintah kemudian berkomitmen untuk meremajakan kebun kelapa sawit milik rakyat yang sudah dimulai di kabupaten Musi Banyuasin seluas 4.100 hektare pada Oktober 2017 lalu.

"Di sini luas kelapa sawit 11,9 juta di seluruh Indonesia, yang milik rakyat 4,6 juta dan yang akan kita kerjakan di Sumut 9.109 hektar," kata Presiden.

Luas total kebun kelapa sawit di Indonesia adalah sebanyak 11,9 juta hektare dan 4,6 juta hektare dimiliki oleh rakyat.

"Dari 4,6 juta hektare kalau dikerjakan semuanya paling tidak 185 ribu hektare yang harus kita selesaikan. Ini pekerjaan besar sekali karena berpuluh-puluh tahun tidak ada peremajaan. Semestinya ada skema kredit murah, skema kredit dari perbankan, yang mendukung, mem-back up kelapa sawit milik rakyat ini, ini milik rakyat loh ya sekali lagi jangan dibelokkan ke mana-mana," tegas Presiden.

Menurut Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution yang hadir dalam acara yang sama mengatakan tanaman kelapa sawit yang akan diremajakan adalah tanaman tua yang sudah lebih 25 tahun atau belum 25 tahun tapi produktivitasnya rendah.

Bantuan dana peremajaan sawit adalah senilai total Rp3 triliun.(ant/dia)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSSumut Lainnya
TSSumut

Menang Pilgub Sumut, Edy-Musa Raup 3,2 Juta Suara

Oleh Ferdiansyah
pada hari Senin, 09 Jul 2018
MEDAN (TEROPONGSENAYAN)--Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dinyatakan sebagai pemenang Pilgub Sumatera Utara 2018. Hal itu berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara yang digelar Komisi ...
TSSumut

Keok di Pilgub Sumut, Sihar Sitorus Pamit Pulang ke Jakarta

MEDAN (TEROPONGSENAYAN)--Sihar Sitorus mengaku sudah `legowo` dengan hasil Pemilihan Gubernur Sumut 2018. Berdasarkan hasil sementara pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah unggul."Saya dan keluarga ...