TSSumut
Oleh M Anwar pada hari Senin, 27 Nov 2017 - 14:17:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Silangit, Ini Kata Effendi Simbolon

94EFFENDI_SIMBOLON_1.jpg
Effendi Simbolon, Anggota DPR RI Fraksi PDIP (Sumber foto : Indra Kesuma/TeropongSenayan )

MEDAN (TEROPONGSENAYAN )--Effendi MS Simbolon anggota DPR RI dari Fraksi PDIP yang juga Ketua Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) menyatakan salut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap meresmikan Terminal Bandara Internasional Silangit dengan menggunakan helikopter karena cuaca berkabut di Siborong-borong, Tapanuli Utara, Jumat (24/11/2017).

“Masyarakat Batak dan Sumatera Utara bangga terhadap Presiden Jokowi karena memenuhi janji meresmikan Bandara Silangit yang kini berkelas internasional,” katanya.

Dia mengatakan wisatawan bakal mempunyai akses lebih mudah dan cepat ke Danau Toba dengan beroperasinya Bandara Internasional Silangit. Selama ini, katanya, waktu tempuh melalui jalan darat dari Medan ke Danau Toba mencapai 5-6 jam, tetapi dengan penerbangan bisa dipersingkat menjadi 45 menit – 50 menit. “Bahkan, waktu tempuh bisa menjadi 30 menit saja dari Singapura, karena akan ada layanan penerbangan internasional bagi wisatawan asing melalui bandara di negera kota itu sebagai hub mancanegara ke Danau Toba,” kata Effendi Simbolon.

Saat ini sejumlah maskapai sudah melayani penerbangan ke Silangit, yaitu Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Wings Air dan akan menyusul Batik Air.”Semakin banyak maskapai penerbangan membuka rute ke Silangit maka bakal semakin banyak wisatawan ke Danau Toba, selain itu orang Batak semakin gampang pulang kampong ke Bona Pasogit,” ungkapnya.

Effendi Simbolon mengatakan peresmian Bandara Silangit itu akan membuat Sumut mampu mengejar target kunjungan satu juta wisatawan asing ke Danau Toba sampai tahun 2019. Apalagi dengan runway sepanjang 2.650 meter saat ini, yang direncanakan Presiden Jokowi untuk diperpanjang menjadi 3.000 meter paling lambat 2020 maka Bandara Silangit akan mampu melayani lalulintas 500 ribu penumpang per tahun. “Konon pula maskapai yang melayani rute penerbangan ke bandara ini berencana menggunakan pesawat yang lebih besar, yaitu Boeing -737, menggantikan pesawat jenis bombardier, “ katanya

Dia mengatakan saat ini saja tercatat 124.000 penumpang sudah mendarat di Bandara Silangit selama semester I tahun 2017 dengan penerbangan Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air dari Bandara Kualanamu-Medan. Kapasitas penumpang diperkirakan akan terus meningkat seiring pengembangan pariwisata Danau Toba

Effendi Simbolon yang mendapat banyak dukungan untuk bertarung maju dalam Pilgubsu 2018 nanti mengatakan bandara memang membuka akses ke daerah yang memiliki potensi wisata seperti Danau Toba. Apalagi, katanya, Danau Toba sudah masuk daftar sepuluh Kawasan Strategis Pariwisata Nasional bersama Yogyakarta, Lombok, dan daerah lainnya. “Maka, Danau Toba memang sudah sepantasnya memiliki bandara internasional untuk menggaet satu juta wisatawan asing ke daerah ini pada tahun 2019 mendatang sebagaimana target pemerintah pusat,” katanya.

Dia mengimbau masyarakat di sekitar kawasan Danau Toba dan Sumatera Utara untuk mendukung program pariwisata pemerintah tersebut, dengan menjaga tradisi lokal dan lingkungannya sebagai menu wisata yang digemari turis mancanegara. “Kalau semakin banyak wisatawan ke Danau Toba maka perekonomian daerah akan terangkat, sehingga masyarakat bisa menjadi lebih sejahtera,” kata Effendi Simbolon.(ant/dia)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSSumut Lainnya
TSSumut

Menang Pilgub Sumut, Edy-Musa Raup 3,2 Juta Suara

Oleh Ferdiansyah
pada hari Senin, 09 Jul 2018
MEDAN (TEROPONGSENAYAN)--Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dinyatakan sebagai pemenang Pilgub Sumatera Utara 2018. Hal itu berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara yang digelar Komisi ...
TSSumut

Keok di Pilgub Sumut, Sihar Sitorus Pamit Pulang ke Jakarta

MEDAN (TEROPONGSENAYAN)--Sihar Sitorus mengaku sudah `legowo` dengan hasil Pemilihan Gubernur Sumut 2018. Berdasarkan hasil sementara pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah unggul."Saya dan keluarga ...