Berita
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 28 Nov 2017 - 08:19:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Menteri Rini Pindahkan Nicke Jadi Direktur Pertamina

8920141124114138786.jpg
Menteri Rini Soemarno (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memberhentikan dengan hormat Nicke Widyawati sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1 PT PLN (Persero). Nicke akan ditugaskan di PT Pertamina (Persero) sebagai Direktur SDM.

Keputusan itu diresmikan dalam salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Selaku Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina Nomor : SK-256/MBU/11/2017, tentang Pengangkatan Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN, Aloysius menyampaikan bahwa Kementerian BUMN selaku Pemegang Saham berharap dengan dilengkapinya seluruh jajaran Direksi di Pertamina, mampu memberikan nilai tambah bagi Perusahaan.

Selain itu, Direksi yang baru diharapkan dapat segera bersinergi dengan Direksi lainnya.

“Sebagaimana diketahui Pertamina merupakan salah satu BUMN terbesar di Indonesia. Dengan wilayah usaha meliputi seluruh Indonesia dan luar negeri dengan total aset USD 49,76 miliar (Per 30 Sep 2017), dimana 21,8 persennya merupakan aset tetap dan laba sebesar USD 1,99 miliar," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (27/11).

Disamping itu, lanjutnya, Pertamina dianggap memiliki peran vital dalam menyediakan produk bahan bakar bagi masyarakat Indonesia.

"Didukung kurang lebih 22 ribu karyawan yang bergerak di upstream, midstream, downstream dan supporting yang mendukung kinerja perusahaan.” tuturnya.

Aloysius menambahkan bahwa peran strategis tersebutlah yang melatarbelakangi pemisahan fungsi Direktorat Aset dan Manajemen SDM.

Diharapkan Direktur Manajemen Aset saat ini dapat memberikan perhatian penuh dan fokus, untuk dapat mengelola dan memonetisasi aset tetap sehingga memberikan kontribusi lebih besar kepada laba perusahaan.

Program-program yang belum tercapai sesuai target seperti sertifikasi tanah dan program kerjasama terkait utilisasi aset, tetap dapat segera dieksekusi.

“Sedangkan dari sisi pengelolaan SDM, diperlukan peningkatan kualitas human capital yang mumpuni agar PT Pertamina mampu menyediakan produk dengan kualitas terbaik secara konsisten dan kontinyu dengan harga terbaik. Memandu talenta-talenta di Pertamina tentu bukan tugas yang mudah, akan tetapi merupakan tantangan besar untuk mengelola dan mengembangkan human capital sebesar ini," papar dia.

"Kemudian melanjutkan dan mengembangkan program SDM yang sifatnya upskilling dan upgrading karyawan harus terus dilaksanakan untuk mendukung kinerja perusahaan," jelas dia.

“Tahun 2018, wilayah kerja Mahakam sudah mulai dikelola oleh Pertamina, Direksi dan Dekom agar dapat memanfaatkan momentum ini sehingga meningkatkan profitabilitas PT Pertamina dengan menjaga tingkat produksi dan lifting migas tetap optimal. Selain itu, realisasi Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia agar dapat di speed up sehingga membantu fleksibilitas teknis pengolahan Pertamina yang dampaknya dapat meningkatkan daya saing global dan meningkatkan struktur keuangan," pungkasnya. (aim)

tag: #bumn  #rini-soemarno  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Hardjuno Pertanyakan Ketegasan Pemerintah dan DPR Soal Pemberantasan Korupsi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 17 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan public seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu ...
Berita

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn ...