Lampung
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 28 Nov 2017 - 22:15:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Lampung Berpeluang Jadi Lokomotif Perekonomian Sumatera

6120170621bayana_dan_pasar_murah.jpg
Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Lampung, Bayana (Sumber foto : Antara )

BANDARLAMPUNG (TEROPONGSENAYAN )--Provinsi Lampung berpeluang menjadi lokomotif perekonomian Sumatera. Hal ini sehubungan kenaikan daya saingnya dari nomor 14 ke 11 tingkat nasional.

"Syaratnya, Pemerintah Provinsi Lampung harus konsisten mempertahankan kondisi sebagai daerah ramah investasi," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Lampung, Bayana, di Bandarlampung, Senin (27/11/2017).

Berdasarkan pernyataan Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Syahrul Yasin Limpo, lanjutnya, daya saing daerah sangat ditentukan oleh pemerintah dalam memberi ruang dan suasana yang konsisten kepada para pebisnis.

"Saya menghargai upaya Gubernur Lampung yang luar biasa. Tetapi dari pengalaman saya, tidak cukup hanya Gubernur yang bergerak. Para bupati harus dirangsang kuat untuk ikut terlibat," katanya mengutip pernyataan Yasin.

Syahrul Yasin Limpo yang juga Gubernur Sulawesi Selatan mengatakan posisi Lampung sama dengan Sulawesi Selatan.

Lampung sebagai pintu gerbang Sumatera dan Sulawesi Selatan sebagai pintu gerbang menuju Indonesia timur. Pencapaian itu harus menjadi modal bagi Gubernur Ridho dalam menjadikan Lampung sebagai lokomotif pembangunan Sumatera.

Lampung harus jadi jembatan Jawa-Sumatera," kata Syahrul.

Pencapaian Lampung dari posisi 14 ke 11, kata Syahrul, dicapai berkat kegigihan Pemerintah Provinsi Lampung dan kepercayaan pengusaha kepada Lampung.

Menurutnya, meskipun pemerintahan bagus, namun tidak didukung kepercayaan pengusaha, tidak akan menaikkan daya saing daerah.

"Itu membutuhkan pengondisian agar pengusaha percaya. Harus win-win solution karena pengusaha dan pemerintah sama-sama punya kepentingan," kata Syahrul Yasin Limpo.

Melihat makin tingginya kenaikan daya saing Lampung, sebagai Ketua APPSI, menilai sudah saatnya pemerintah pusat lebih banyak meratakan pembangunan ke daerah.

"Kekuatan Indonesia itu tidak lagi di Jakarta, tapi di semua sudut Indonesia. Kekuatan Indonesia itu seperti apa kekuatan provinsi. Oleh karena itu, pemerintah pusat memberikan dukungan, bukan menarik kewenangan itu ke atas sehingga daerah bisa berkembang lebih luas," kata Syahrul.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo memaparkan daerahnya memiliki semua syarat untuk berkembang menjadi lokomotif Sumatera.

Kondisi komparatif seperti Jalan Tol Trans Sumatera, Bandara Radin Inten II, Pelabuhan Panjang, dan penyeberangan Bakauheni-Merak, merupakan konektivitas yang membuat Lampung menjadi daerah tujuan investasi.

"Lampung surplus di bidang pangan seperti beras, jagung, singkong, dan ternak. Singapura tak jauh dari Lampung dan tak lama lagi konektivitas Lampung-Singapura akan terjalin. Kami tengah membenahi berbagai persoalan infrastruktur dengan mengalokasikan dana besar agar industrialisasi dan hilirisasi hasil pertanian makin berkembang. Kami komitmen menjadikan Lampung sebagai provinsi ramah investasi," katanya.?

Ia menjelaskan fokus pembangunan Lampung yakni pertanian, industri, dan pariwisata, didukung terus membaiknya keamanan.

Salah satu bentuknya, Kementerian Dalam Negeri secara konsisten menetapkan Lampung pada posisi pertama dalam penyelesaian konflik.

"Dengan kenaikan daya saing ini, kami berharap dapat membuat lompatan tinggi terhadap pembangunan Lampung," kata Ridho.(dia/ant)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lampung Lainnya
Lampung

Ini Anggota DPRD Kota Bandar Lampung Terpilih Pemilu 2019

Oleh Fitriani
pada hari Minggu, 05 Mei 2019
BANDAR LAMPUNG (TEROPONGSENAYAN) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung menggelar rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota ...
Lampung

Lampung Barat Segera Punya Sekolah Kopi Tahun Depan

BANDAR LAMPUNG (TEROPONGSENAYAN)--Pemerintah Kabupaten Lampung Barat tahun depan mulai membangun sekolah kopi, karena untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga profesional perkopian. Pembangunan sekolah ...