Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 29 Nov 2017 - 04:44:51 WIB
Bagikan Berita ini :

Jelang Pilkada Bangkalan, Mayoritas Masyarakat Puas Kinerja Petahana

18pilkada_langsung.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

BANGKALAN (TEROPONGSENAYAN) - Indonesia Network Election Survey (INES) melakukan survei untuk mengukur elektabilitas beberapa tokoh yang akan bertarung pada pilkada Kabupaten Bangkalan 2018.

Survei INES kali ini mengunakan Metode Multisatge Random Sampling yang melibatkan jumlah responden 1.425 Warga Bangkalan. Berusia di atas 17 Tahun, dengan penyebaran Responden tersebar di 18 kecamatan.

Untuk Tingkat Kepercayaan Survei 95 persen dan margin of error -/+2,6 persen. Survey tersebut, dilaksanakan mulai dari 3 November hingga 14 November 2017, serta mengunakan pengisian kuesioner tatap muka.

Hasilnya, nama Makmun Ibnu Fuad ternyata masih diinginkan memimpin Kabupaten Bangkalan periode 2018 mendatang.

Jadi hampir 76,9 persen responden juga mengaku puas dengan kinerja Pemkab Bangkalan. Sementara 17,5 persen kurang puas dengan kinerja Pemkab Bangkalan dan 5,6 persen Responden menyatakan sangat tidak puas dengan kinerja pelayan terhadap publik Pemkab Bangkalan.

"Pada intinya masyarakat masih percaya dengan kepemimpinan Makmun. Bahkan nama dia juga masih sangat populer di masyarakat, ini terlihat responden yang mengetahui nama Makmun Ibnu Fuad 87,8%," ujar Direktur Eksekutive INES, Ir. Widodo Edi Sektianto. Msi, dalam rilis yang diterima media, Selasa (28/11/2017).

Widodo melanjutkan, ketika ditanya spontan, dengan pertanyaan, siapakah tokoh mana yang akan saudara pilih jika pemilihan Bupati Bangkalan di adakan Hari ini? Maka jawaban responden adalah: Nama Makmun Ibnu Fuad meraih suara responden sekitar 39,1 persen, Ra Bir Aly 4,7 persen, Hasani Zubair 5,5 persen, Mondir A Rofiie 2.7 persen, Abd. Latif Amin Imron 14,4 persen, Aliman Haris 2.4 persen, H Fatkurrahman 3,1 persen, Dr HM Farid Al Fauzi 3,6 persen, Nasich As-Schal 2,6 persen dan Imam Bukhori 3,2 persen dan tidak menjawab 18,7 persen.

"Untuk dapat disimpulkan,15-20 persen warga belum memiliki pilihan yang pasti, masih akan terus dinamis hingga menjelang pelaksanaan pemungutan suara, mulai dari masa kampanye resmi hingga hari H," tandasnya.

"Dengan begitu, Makmun Ibnu Fuad telah memiliki kantong suara dalam kisaran 30 - 40 persen masyarakat kabupaten Bangkalan. Sehingga dapat dipastikan beliau jika Pilkada digelar hari ini sudah pasti akan terpilih," timpalnya.

Hal ini kata dia, disebabkan Makmun, mampu memposisikan dirinya dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga timbul kepercayaan masyarakat terhadapnya.

"Kendati demikian, bukan berarti Ibnu Fuad tidak ada saingan. Dalam hal ini ada dua kandidat yang memiliki elektabilitas cukup tinggi, yaitu Abd. Latif Amin dan Hasani Zubeir. Latif Amin bisa saja mengejar elektabilitas Ibnu Fuad, selama ia memiliki konsistensi kampanye seperti sekarang dan memilih atau dipinang oleh partai yang tepat," tukasnya. (icl)

tag: #pilkada-serentak-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...