Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Rabu, 29 Nov 2017 - 05:04:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Ekonom UI Sebut tanpa Holding, BUMN Kurang Lincah

12BUMN.jpg
ilustrasi (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat Ekonomi dari Universitas Indonesia (UI) Athor Subroto mengatakan, holdingisasi BUMN merupakan langkah tepat dalam mengurai inefisiensi yang terjadi pada BUMN-BUMN selama ini.

"Kalau menurut saya memang itu sebagai salah satu langkah efisiensi dan rantai komando nantinya berjalan satu arah, karena selama ini kan banyak banget anak BUMN yang kemudian anak itu terkadang keluar dari jalurnya gitu lho. Menurut saya kalau di-holding dalam satu arah, bagus karena memang untuk efisiensi, nah tetapi memang ada beberapa syaratlah untuk efisiensi. Karena untuk menyatukan BUMN yang beranak pinak gak mudah," ujar Athor saat dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Tak hanya itu, menurutnya, jika BUMN-BUMN tidak di-holding maka daya saing mereka akan kalah dalam menghadapi persaingan pasar bebas.

"Mereka kurang lincah, kurang inovasi, itu yang membuat mental BUMN itu drop, ya kalau diadu dengan luar, kita pasti waswas, terlalu gemuk dan lain-lain, pergerakannya tidak tangkas, kalau kita bertarung dengan organisasi luar, kita kalah dimana-mana," tandasnya.

Yang jelas, kata dia, ketika BUMN-BUMN dilebur maka akan banyak manfaat dari sisi penerimaan pajak.

"Kalau BUMN gak di-holding pajak itu kan akan tercecer dimana-mana. Nah kalau holding ini kan langsung besar bisa diawasi. Jadi mempermudah," pungkasnya. (icl)

tag: #menteri-bumn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...