TSJabar
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 03 Des 2017 - 05:59:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Emil: Pilih Cawagub, Itu Prerogatif Saya

36RK.jpg
Ridwan Kamil (Sumber foto : Istimewa)


BANDUNG (TEROPONGSENAYAN) - Kandidat Calon Gubernur Jawa Barat yang juga Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil atau Emil menyatakan ia dapat menentukan sendiri calon wakil gubernur (cawagub) yang akan mendampinginya di Pilgub Jawa Barat 2018.

"Kalau untuk cawagub sendiri, itu dasarnya prerogatif diserahkan ke saya. Dan saya bisa memutuskan," kata Ridwan kamil di Bandung, Sabtu (2/11/2017).

Selama ini partai pengusung Emil di Pilgub Jawa Barat 2018, yakni PPP, PKB dan Partai Golkar telah menyodorkan sejumlah kadernya untuk menjadi pendamping. Mereka antara lain Uu Ruzhanul Ulum (PPP) dan Daniel Muttaqien Syafiuddin (Partai Golkar) serta Syaiful Hakim (PKB).

Ia mengatakan selama ini partai-partai pengusung di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 menyerahkan pemilihan sosok wakil gubernur kepada dirinya sendiri. Akan tetapi, kata Emil, dirinya tetap menghargai partai pengusung sehingga akan melibatkan mereka sebelum mengambil keputusan.

"Terlebih, setiap partai pengusung menginginkan kadernya menjadi calon wakil gubernur. Itu ada Golkar, PKB, PPP, Nasdem. Setiap permintaan satu partai harus diobrolkan pada tim koalisi lain," kata Emil.

Oleh karena itu, kata dia, untuk pemilihan kandidat cawagub perlu disepakati bersama-sama dan dirinya memastikan, dalam sepekan mendatang dirinya akan memanggil setiap calon wakil gubernur yang diusulkan partai.

Pengamat Ilmu Politik dan Pemerintahan dari Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Asep Warlan Yusuf menilai konvensi untuk menentukan kandidat calon wakil gubernur untuk M Ridwan Kamil atau Emil di Pilgub Jawa Barat 2018 kurang tepat.

"Kalau menurut saya pelaksanaan konvensi tidak ada jaminan akan menghasilkan calon terbaik. Adanya intervensi dari partai politik pengusung bisa menghasilkan kandidat terpilih yang tidak sesuai harapan dan kebutuhan Emil, juga masyarakat," kata Asep Warlan Yusuf.

Dia mengatakan rencana konvensi yang dilakukan untuk memilih pendamping Kang Emil di Pilgub Jawa Barat 2018 juga belum tentu menghasilkan kandidat yang dipilih berdasarkan penilaian obyektif. Menurut dia, idealnya konvensi dilakukan saat partai belum menemukan nama-nama yang akan diusung.

Akan tetapi, kata dia, saat ini partai-partai pengusung Ridwan Kamil sudah mengantongi nama yang akan diusung menjadi calon wakil gubernur. (Ant/icl)

tag: #pilkada-jabar-2018  #ridwan-kamil  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSJabar Lainnya
TSJabar

Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Dilantik Rabu

Oleh Ferdiansyah
pada hari Senin, 03 Sep 2018
BANDUNG (TEROPONGSENAYAN)--Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dijadwalkan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Rabu ...
TSJabar
Jadi Gubernur dan Wagub Terpilih

Ridwan-Uu Diperkenalkan dalam Rapat Paripurna DPRD Jabar

BANDUNG (TEROPONGSENAYAN)--Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum diperkenal kepada anggota DPRD Jabar. Ridwan-Uu diperkenalkan dalam Rapat ...